Sumatera Terpantau Miliki 20 Titik Panas, Provinsi Ini Jadi Jawaranya

Titik-panas4.jpg
(bpbd pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya hotspot atau titik panas di Sumatera, Jum'at, 28 Mei 2021. Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Ahmad Agus mengatakan, 

"Ada 20 titik panas atau hotspot yang tersebar di beberapa provinsi di Sumatera," katanya. 

 

Lebih lanjut, Ahmad berujar, 20 titik panas tersebut tersebar di lima provinsi dengan sebaran terbanyak di Provinsi Sumatera Barat dan Lampung. 

 

 

Provinsi Jambi ada satu titik, Lampung tujuh titik, Sumatera Selatan ada tiga titik. Untuk Provinsi Bangka Belitung ada dua titik dan Sumatera Barat ada tujuh titik. 

 

"Untuk titik panas di Provinsi Riau itu nihil," ujarnya. 

 

Dari jumlah tersebut, seluruhnya berada di level rendah dan sedang. Tepatnya dua titik di level rendah dan 20 titik di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada atau tidak aktivitas kebakaran hutan dan lahan.


 

Diberitakan sebelumnya,  Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Putri Siregar mengatakan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya hotspot atau titik panas di provinsi Riau, Selasa, 25 Mei 2021.

 

"Jumlah titik panas ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan hari sebelumnya," katanya. 

 

Lebih lanjut, Putri berujar, Selasa 25 Mei ini, ada 22 titik panas atau hotspot yang tersebar di beberapa wilayah di Riau. 

 

22 titik panas tersebut tersebar di delapan wilayah dengan sebaran terbanyak di Kabupaten Bengkalis, yakni lima titik.

 

Kabupaten Pelalawan sebanyak empat titik. Kabupaten Kampar dan Indragiri Hulu masing-masing tiga titik. Adapun Rokan Hilir (Rohil), Siak, dan Indragiri Hilir (Inhil) masing-masing dua titik. 

 

"Untuk Kota Pekanbaru ada satu titik," pungkasnya.