GMKI Apresiasi Kapolda Aktif Putus Rantai Covid-19, Minta Kapolres Ikut Serta

Hermanto-Mora-Sinaga.jpg
(Hermanto Mora Sinaga)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Koordinator Wilayah Riau, Kepulauan Riau, dan Sumatera Barat Pengurus Pusat Gerakan Muda Kristen Indonesia, Hermanto Mora Sinaga mengapresiasi Kinerja Kapolda Riau, Agung Setya Imam Efendi yang aktif turun ke lapangan dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Riau.

"GMKI mengapresiasi Kapolda Riau yang turun langsung ke daerah-daerah zona merah di Riau bersama Gubernur Riau untuk memeriksa penanganan Covid-19 di seluruh daerah Riau, seperti pada saat ke kota Dumai beberapa waktu lalu," ujar Mora, Sabtu, 8 Mei 2021.

 

GMKI mengingatkan agar Kapolda Riau, menindak tegas Kapolres dan jajarannya yang lalai menjalankan tugas dalam hal memutus mata rantai Covid-19 di daerahnya masing-masing.

"Seharusnya Kapolres seluruh Riau melakukan apa yang dicontohkan oleh Kapolda Riau," kata Mora tegas.

Sebagai lembaga yang berperan penting dalam mengawal pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di Riau, Polda Riau dan jajarannya di kabupaten/kota bersama dengan Satgas Covid-19, harus tegas mengawasi penerapan protokol kesehatan (prokes) di tengah masyarakat.

Disebutnya, Riau hampir lumpuh akibat meningkatnya kasus Covid-19. Bahkan dalam konferensi pers, Gubernur Riau, Syamsuar menyampaikan saat ini keadaan di Riau tidak ada lagi daerah yang berada dalam zona kuning.

Kota Pekanbaru, Dumai, Siak, dan Bengkalis masuk dalam zona merah, sisanya zona orange. Keadaan ini menandakan kita semua sedang dalam kepungan virus Corona.

"Kondisi Provinsi Riau sungguh mencekam. Bahkan di beberapa media dikatakan Pemerintah Pusat menyoroti penanganan Covid-19 di Riau," katanya

Selain itu Mora juga meminta Kapolda Riau memberi atensi kepada Kapolres di seluruh Riau untuk siaga mengenai isu eksodus warga negara India ke Indonesia melalui Riau, baik melalui jalur udara, darat dan perairan.

 


 

 

 

 

 "Kami meminta kepolisian dan institusi terkait melakukan pengawasan atas arus masuk warga asing dari India ataupun para pendatang lainnya. Kita ketahui India baru mengalami ledakan kasus Covid-19. Harapannya Indonesia, khususnya Riau dapat belajar dari ledakan kasus Covid-19 di India," pungkasnya.

Menurut Mora, warga Riau harus terjamin kesehatan dan kenyamanannya saat bersiap-siap menyambut Hari Raya Idul Fitri, tanpa dihantui rasa takut datangnya varian virus Corona yang baru dari India.