Firdaus Sarankan Guru Berinovasi Agar Mengajar Tak Monoton

Firdaus12.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengajak guru agar bisa berinovasi di kelas. Mereka mesti punya cara agar peserta didik tidak bosan selama belajar di kelas. Mereka pun bisa memulainya dari hal yang kecil.

"Jangan tunggu perintah dari kadis, tapi guru bisa berinovasi dengan proses belajar mengajar dua arah," terangnya saat silaturahmi dengan para kepala SMP negeri di Kota Pekanbaru, Minggu 11 April 2021.

Menurutnya, guru harus memiliki inovasi dalam proses belajar mengajar. Guru pun harus mengembangkan literasi dan referensi saat mengajar di kelas. Satu cara dengan belajar di luar kelas.


Mereka juga bisa mengajak para peserta didik bisa berpartisipasi aktif di sekolah. Apalagi saat ini proses belajar di masa pandemi Covid-19 memadukan belajar online dengan belajar tatap muka secara terbatas.

"Peserta didik juga bisa diajak belajar di alam terbuka, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. Mereka bisa ikut wisata edukasi, agar jadi penyegaran bagi peserta didik," jelasnya dalam kegiatan di Sekretariat IKMI.

Para peserta didik bisa ikut berdiskusi mencari solusi atas permasalahan yang ada. Ia juga mengingatkan agar guru jangan sampai mengajar secara monoton. Mereka mesti mengajak peserta didik berkreativitas.

Contohnya membuat bank sampah di sekolah. Guru bisa mengajak para peserta didik berkreasi dengan mengolah sampah organik dan non organik. Mereka tidak cuma diajak cinta lingkungan, tapi juga berwirausaha.