Dosen UIR Beberkan Strategi Tingkatkan Motivasi Belajar Anak di Masa Pandemi

PKM-UIR.jpg
(Tim PKM Fikom UIR)

Oleh : Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau (UIR), Idawati, M.I.Kom

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Proses pembelajaran bagi peserta didik di sekolah belum berlangsung secara efektif. Mereka hanya belajar secara daring atau online dari rumah dengan bimbingan orang tua. Hal ini merupakan akibat dari pandemi Covid-19 yang melanda sejak Maret 2020 silam.

 

Para orang tua pun menjadi kewalahan dalam mengawal anak mereka. Tidak sedikit orang tua mengeluhkan sulitnya memotivasi anak-anak dalam proses belajar jarak jauh (PJJ).

 

Berangkat dari persoalan tersebut, Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Universitas Islam Riau (UIR) mengadakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Fikom pun mengutus empat dosen dalam kegiatan pengabdian di Kota Dumai.

 

Kegiatan pengabdian mengangkat tema tentang Komunikasi Pedidikan, "Strategi  Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Jarak Jauh Terhadap Anak di Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Mundam Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai."

 

Dalam kegiatan tersebut, para dosen memberikan materi penyuluhan memgenai strategi orang tua dalam memotivasi belajar anak jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Kegiatan pun berlangsung 5 jam. Dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 13.00


 

Satu Dosen Fikom yakni Idawati, M.I.Kom, menyebut bahwa orang tua harus berperan aktif dalam memotivasi anak-anak mereka selama proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Mengingat guru dan peserta didik tidak melakukan proses belajar tatap muka di dalam kelas.

 

"Untuk itulah orang tua dituntut mejadi guru nomor satu bagi anak-anak mereka," jelas Idawati dalam kegiatan tersebut.

 

Salah seorang wali murid, Asnah mengatakan bahwa pada proses belajar jarak jauh guru hanya memberikan tugas-tugas terhadap anak mereka, tanpa memberikan bimbingan dalam mengerjakan tugas. Ia pun kebingungan dalam membantu mengerjakan tugas anaknya yang sudah diberikan oleh guru.

 

Ida pun menilai, solusi yang tepat bagi para orang tua yakni, mereka mesti mampu menyemangati anak-anak dan memberikan  motivasi belajar. Apalagi orang tua sebagai motivator bagi anaknya.

 

Orang tua juga menjadi fasilitator bagi anak dalam menyediakan sarana belajar. "Dan juga, orang tua menjadi pengarah bagi anak-anak mereka dalam mendampingi proses belajar jarak jauh," terang Ida.

 

 

Kegiatan penyuluhan pun disambut antusias oleh masyarakat Kelurahan Mundam. Mereka di antaranya terdiri dari, Ibu PKK Kelurahan, Ibu-Ibu Majelis Taklim, Tokoh Masyarakat, LSM, Ketua Pemuda, dan guru-guru.

 

Lurah setempat melalui ketua RT 01, mengaku cukup senang adanya kegiatan PKM yang digelar oleh Tim PKM Fikom UIR. Adanya penyuluhan terbukti mampu menjawab problem yang dihadapi masyarakat setempat.

 

Ke depan, ketua RT 01 mewakili masyarakatnya berharap kegiatan yang serupa dapat terlaksana kembali.