Pemkab Siak Kaji Pembukaan Pasar Ramadan 2021

Pasar-Ramadan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: SAHRIL RAMADANA

RIAU ONLINE, SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau, masih mengkaji rencana membuka Pasar Ramadan. Soalnya, bulan Ramadan tahun ini masih diselimuti wabah virus Corona.

"Kita kaji dulu. Soalnya, Puasa Ramadan kali ini masih di tengah Pandemi," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Siak, Wan Ibrahim, Kamis 1 April 2021.

Ia mengatakan dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan menggelar rapat tentang itu. "Di rapat nantilah kita putuskan boleh dan tidaknya digelar pasar Ramadan tahun ini," kata dia.


Jika pun nanti diperbolehkan, kata Wan Ibrahim, pihaknya akan mengatur skema matang agar tidak terjadi kerumunan di pasar Ramadan.

"Tentu kita khawatir, pasar Ramadan malah jadi transmisi penyebaran Covid-19. Di satu sisi kita ingin membantu UMKM di Siak, di sisi lain kami juga takut ini jadi klaster baru. Nah ini yang akan kami diskusikan bersama Pak Bupati bagaimana mengatur polanya," katanya.

Wan Ibrahim mengatakan, kalau bercermin dari tahun sebelumnya, pasar Ramadan tetap dibuka dengan memperketat protokol kesehatan, jarak antara pedagang pun juga diatur agar tidak menimbulkan kerumunan.

"Mungkin kalau jadi skemanya masih seperti tahun lalu, kami sediakan tempat cuci tangan, atur jarak, masyarakat diminta terapkan sistem antre agar tidak terlalu berkerumun. Setiap stakeholder ditekankan agar menerapkan hal itu," ujarnya.