Bagaimana Peluang Rizal-Yogi ungguli Rezita-Junaidi Di PSU Pilkada Inhu?

PSU-di-TPS-03-Kumantan-Bangkinang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Peluang untuk memenangkan Pilkada Indragiri Hulu bagi pasangan Rizal Zamzani-Yogi Susilo masih terbuka. Namun peluang itu kian tipis karena Pemungutan Suara Hanya Dilakukan di satu TPS dengan jumlah DPT hanya 307 pemilih.

Mahkamah Konstitusi akhirnya memutuskan dilakukan PSU di TPS 03 Desa Ringin, Kecamatan Batang Gangsal. MK menilai terjadi kecurangan yang dilakukan oleh KPU di TPS ini.

Diketahui di TPS ini pasangan Rezita-Junaidi memperoleh 37 suara sementara pasangan Yogi Susilo-Rizal hanya meraih 14 suara. Suara Terbanyak justru diraih Wahyu Adi-Supriati 67, disusul SitiAisyah-Agus Rianto dengan 66 suara, sementara Nurhadi-Toni mendapat 49 suara.


Dengan dilakukannya PSU, maka suara TPS 03 Desa Ringin dihapus. Sehingga perolehan suara sementara Rezita-Junaidi menjadi 50.319 suara sementara Rizal-Yogi 50.034 suara. Selisih keduanya menjadi 285 suara.

Sementara itu paslon lain ,Wahyu-Supriati menjadi 36. 089, Siti-Agus menjadi 35.587, dan paslin Nurhadi Toni meraih 17.595.

Di TPS 03 Desa Ringin sendiri diketahui memiliki 307 suara yang hanya digunakan sebanyak 259 suara pada Pilkada lalu.

Melihat hitungan matematis tersebut, peluang memenangkan Pilkada masih terbuka bagi pasangan Rizal Zamzani-Yogi Susilo apabila dapat "memindahkan" suara paslon lain dan pemilih yang belum memilih pada Pilkada lalu.