BBKSDA Riau Lepasliarkan Ular Piton Sepanjang 7 Meter

lepasliar-ular.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau melepasliarkan satwa ular piton jenis reticulatus ke habitatnya, di kawasan konservasi yang jauh dari pemukiman penduduk Desa Kampung Pulau, Kecamatan Rengat, Rabu, 17 Maret 2021.

Ular piton ini merupakan hasil penanganan konflik Dinas DPKP Kabupaten Indragiri Hilir yang diserahkan dan kemudian dievakuasi oleh Balai Besar KSDA Riau pada, 16 Maret 2021 untuk diamankan sementara di kantor Bidang KSDA Wilayah I Rengat.

Dikutip dari Instagram resmi @bbkasd_riau, tepat pada pukul 13.00 WIB, tim sampai pada titik lokasi pelepasliaran dan langsung melepasliarkan satwa tersebut.


Saat dilepasliarkan, ular piton dalam kondisi baik. Hal ini dapat dilihat dari keagresipannya saat dilepasliarkan.

Sebelumnya diberitakan, Penemuan ular jenis Piton sepanjang 7 meter menggegerkan warga kawasan jalan Pekan Arba, Tembilahan, Indragiri Hulu (Inhu) Riau, Selasa, 16 Maret 2021.

Saat proses evakuasi, puluhan warga menyaksikan dan menjadi tontonan saat di masukan dalam sebuah kotak kayu.

"Sudah dilakukan evakuasi, sempat jadi tontonan warga sekitar beruntung tidak ada korban," ucap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Tembilahan, Indragiri Hilir, Ediwan Shasby wartawan, Selasa 16 Maret 2021.