Pemkab Mulai Lirik Potensi PAD Dari Siak Tv dan RPK 92 FM

RPK.jpg
(Sahril/ RIAUONLINE)

Laporan: SAHRIL RAMADANA

RIAUONLINE, SIAK - Dua media milik Pemerintah Daerah Kabupaten Siak Provinsi Riau, Siak Tv dan RPK 92 FM mulai dibenahi. Pembenahan dilakukan mulai dari sarana prasarana, SDM, hingga penataan konten program dan lokasi kedua media.

Tujuan pembenahan kedua media yang dikelola oleh Bidang IKP Diskominfo Siak itu untuk meningkatkan potensi pendapatan asli daerah (PAD).

"Maka itu kita lakukan pembenahan. Kita bisa menggali potensi PAD dari sektor iklan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Siak, Jamaluddin kepada Riauonline.co.id, Minggu (28/2).


Dikatakan Jamal, semua penataan dilakukan juga agar siaran kedua media itu bisa lebih baik diterima masyarakat. Misalnya seperti informasi Covid-19.

"Tahun lalu sudah kita bikin informasi Covid-19 dalam bentuk berita serta iklan layanan. Sebagai sebuah lembaga penyiaran publik lokal. Kita berharap, Siak Tv dan RPK terus dapat memberi kontribusi positif bagi masyarakt yg ada di Kabupaten Siak," ujar Jamal.

Jamal juga mengatakan, saat ini masyarakat Siak yang tinggal di daerah pesisir juga sudah bisa menikmati semua program unggulan kedua media tersebut.

"Tapi, harus menggunakan parabola ya. Kedepannya, siaran kedua media ini juga bisa dirasakan menggunakan kanal internet sebagai media siar. Aplikasi untuk ini sedang kita persiapkan," kata dia.

Sebab perpindahan kanal analog teresterial ke kanal digital teresterial masih menunggu penyelesaian infrastruktur digital Multiplexer oleh TVRI sebagai providers Mux Digital yang ditunjuk pemerintah.

"Insya Allah, tahun depan, sudah mulai mengswitt off freskuensi analog itu dan program unggulan di Siak Tv sudah dapat dirasakan," kata dia.