Rapat Bareng Opung Luhut, Syamsuar Mohon Jalan Ini Jadi Jalan Nasional

Syamsuar73.jpg
(WAYAN SEPIYANA/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan perkembangan pembangunan infrastruktur di Provinsi Riau.

 

Ia juga menceritakan potensi perkembangan ekonomi melalui pelabuhan-pelabuhan yang ada, seperti di Dumai.

 

Syamsuar juga menceritakan adanya pembangunan pelabuhan yang mangkrak dimana itu berbatasan langsung dengan Kabupaten Rokan Hulu. 

 

"Itu Sumatera Barat juga kedepannya, ada wilayah perbatasan antara wilayah Sumatera Utara dengan Sumatera Barat, yaitu di Pasaman yang kebetulan dekat dengan Rokan Hulu (Rohul) disitu sudah dibangun pelabuhan oleh Kementerian PU, tapi sampai sekarang mangkrak," kata Syamsuar, Kamis, 25 Februari 2021, bertempat di Balai Pelangi Kediaman Rumah Dinas Gubernur Riau.

 

Kata Syamsuar, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, inginnya pelabuhan itu dibangun kembali sehingga nanti berperan untuk mendorong ekspor dari Sumut dan Sumbar.


 

"Saya langsung nyambung, saya bilang berbatasan dengan kami juga tepatnya Kabupaten Rokan Hulu, yang disitu langsung dekat ke Pasaman," ujarnya.

 

Ia pun bersama-sama Gubernur Sumbar, memohon agar jalan provinsi Rohul-Pasaman dijadikan jalan nasional.

 

"Kami mohon bersama-sama Gubernur (Sumbar) agar jalan Provinsi menuju Pasaman ini juga dijadikan sebagai jalan nasional, ini mohon Bapak Kepala Balai," tegasnya.

 

Menurut Syamsuar, jika nantinya pelabuhan itu selesai dibangun, maka Riau juga akan menggunakan untuk kegiatan ekspor sebagai konektivitas.

 

"Sebab, kalau nanti, pelabuhan Batak ini jadi, kami juga dari Riau ekspor kesana juga, gak perlu ke Dumai, terlalu jauh, nah ini konek ini, mumpung ada Pak Edwin, Pak Syahrul, bersama-sama Sumbar dan Sumut untuk percepatan pembangunan daerah," pungkasnya.

 

 

Hadir pada acara ini Anggota Komisi V DPR RI bersama Perwakilan dari Bappenas, OPD terkait, Forkopimda, yaitu pada Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Provinsi Riau, bertempat di Balai Pelangi Kediaman Dinas Gubernur Riau.