Sugeng Bantah Klaim Pemprov Riau Sebut Warga Tambah Miskin karena Covid-19

Sugeng-Pranoto3.jpg
(Humas DPRD Riau)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota komisi III DPRD Riau, Sugeng Pranoto menilai klaim pemerintah provinsi Riau yang menyebut Covid 19 sebagai penyebab meningkatnya angka kemiskinan Riau tidak sepenuhnya benar.

 

"Apakah karena Covid 19 jumlah kemiskinan kita meningkat Ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan Covid 19. Ini kan ada di 34 provinsi," ujar Sugeng, Senin, 22 Februari 2021. 

 

Alih-alih Covid, Sugeng menilai justru respon pemerintah dalam menangani Covid 19 lah yang membuat peningkatan tingkat kemiskinan. Ia menyebut kerja-kerja pemerintah tidak berpihak kepada rakyat kecil. 

 

"Memang sentuhan penguasa Provinsi Riau ini kurang berpihak terhadap rakyat kecil. Karena yang paling merasakan dampaknya kan rakyat kecil," katanya.

 

Hal ini disebut Sugeng harus segera diselesaikan oleh Pemprov Riau dengan menjadikan masyarakat kecil sebagai prioritas. 

 


"Ini menjadi perhatian bagi Gubernur agar kedepannya anggaran-anggaran diprioritaskan untuk membantu kesejahteraan rakyat kecil di Provinsi Riau," ucap Sugeng. 

 

Angka kemiskinan Riau meningkat pada 2020 lalu. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Riau, pada September 2021 lalu terjadi peningkatan 0,14 poin menjadi 7,04 persen penduduk miskin.

 

Persentase ini adalah senilai 491,22 ribu jiwa penduduk miskin di Riau. 

 

 

Meski demikian, angka ini masih berada di atas rata-rata penduduk miskin Indonesia yang berada di angka 10,16 persen.