Canggih, Polda Punya Alat yang Bisa Ukur Massa Otot hingga Air di Tubuh Personel

InBody.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Demi meningkatkan pelayanan dan menjaga kebugaran tubuh, Polda Riau gunakan alat canggih untuk mengukur massa tubuh dan kadar lemak personil, Sabtu, 20 Februari 2021.

Dalam tiga hari, sekitar 600 personel Polda Riau mengikuti kegiatan penimbangan berat badan sekaligus tes kesamaptaan yang dilaksanakan di Venue Atletik, Sport Center Rumbai.

Penggunaaan alat pengukur massa otot yang diberi nama InBody ini terbilang cukup mudah,personil hanya perlu menaiki alat sambil memegang sensor yang ada pada alat tersebut.

Kurang dalam satu menit, informasi mengenai massa tubuh, kadar lemak maupun kadar air dalam tubuh tercatat di dalam alat dan otomatis tersimpan.


KabidDokkes Polda Riau, Kombes Priyo Kuncoro, mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan menjadi Polri 4.0 dibidang perawatan personil, maka dilakukan setiap enam bulan sekali, untuk Polda Riau menggunakan alat canggih.

“Alat tersebut dapat mengukur massa otot, kasar lemak dalam tubuh, kadar air, jumlah mineral dalam tubuh serta struktur tulang dari personil,” jelasnya.

Kombes Priyo, menambahkan, data yang keluar dari alat merupakan data level kebugaran setiap anggota.

Setelah selesai menjalani pengukuran massa tubuh, personil Polda Riau melakukan uji kesamaptaan berupa lari mengelilingi lapangan atletik selama 12 menit.