Kasmarni-Bagus Santoso Segera Dilantik, Ini Jadwalnya

Kasmarni-Bagus-Santoso3.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Sudarman mengatakan untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Bengkalis menunggu arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ia melanjutkan, sementara untuk pelantikan Bupati terpilih Kabupaten Kepulauan Meranti tergantung pada penetapan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini.

"Arahan dari Kemendagri untuk pelantikan Bupati Bengkalis terpilih dijadwalkan Minggu ke 4 Februari 2021 ini, sedangkan untuk pelantikan Bupati Meranti terpilih tergantung penetapan MK hari ini," jelas Sudarman, kepada RIAUONLINE, Rabu, 17 Februari 2021.

Dilansir dari liputan6.com, jaringan RIAUONLINE.CO.ID, Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik menyampaikan kabar baik pelantikan kepala daerah terpilih pada Pilkada 2020 yang akan dilakukan pada tanggal 26 Februari 2021 mendatang.


"Nanti akan kita lantik di bulan Februari. InsyaAllah rencana awal tanggal 26," kata Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik di Jakarta, Rabu, 17 Februari 2021.

Ia melanjutkan, ada 122 daerah yang tidak ada sengketa di tahap awal pelantikan kepala daerah terpilih pada Pilkada 2020.

"Ditambah dengan jumlah yang hari ini kita akan ketahui berapa jumlahnya yang ditolak sengketanya oleh MK. Kami memperkirakan kurang lebih 50," ujarnya

Kata Akmal, memprediksi ada 170 kepala daerah yang akan dilantik pada tahap awal pelantikan kepala daerah terpilih di Pilkada 2020. "Dengan demikian ada kurang lebih 170-an yang kita lantik pada akhir Februari ini," pungkasnya.

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis, Riau yang dijadwalkan digelar Rabu 17 Febuari 2021, resmi ditunda.

Kabar penundaan itu hasil Rapat Koordinasi Pemerintah (Kementerian Dalam Negeri) dengan 270 Pemerintah Daerah Pasca Pilkada 2020 via Zoom Meeting pada hari Senin kemarin.