Sejumlah Pemicu Kanker Ini Sering Kali Disepelekan Orang, Cek di Sini

Elvi-Riawanti.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Kanker adalah kondisi dimana terjadinya pertumbuhan sel yang abnormal dan tak terkendali serta menekan sel-sel yang normal. Pertumbuhan sel yang abnormal dapat membentuk benjolan yang umum dikenal dengan istilah tumor. Kanker dapat muncul dan tumbuh di bagian tubuh manapun.

 

Ketua Cabang YKAKI Riau, Elvi Riawanti menyebut bahwa sebenarnya sel kanker sudah ada di tiap tubuh manusia. Hanya saja tergantung pemicunya.

 

"Anak nol usia juga sudah ada yang kanker. Bisa disebabkan dari konsumsi makanan ibunya. Berdasarkan penelitian, di bawah usia 10 tahun itu kanker masih bisa disembuhkan," ujar Elvi saat diundang ke ROL Cast, Sabtu 13 Februari 2021.

 

Ia menilai, saat ini angka pertumbuhan kanker pada anak semakin tinggi. Menurutnya, faktor lingkungan bisa menjadi pencetus terjadinya kanker. Seperti radiasi, obat-obatan, dan hormon-hormon tertentu.

 

"Juga akibat polusi udara, limbah, zat kimia dan pola makan tidak sehat. Gula, MSG dan zat pewarna berlebihan," ulasnya.


 

Ia memaparkan, kanker dapat mengenai semua organ tubuh. Pada anak, tanda-tanda seperti mata menonjol, pembengkakan atau memar di sekujur tubuh, rasa nyeri, sakit kepala berkepanjangan hingga mimisan.

 

"Bahwa tak semua dokter juga paham tentang gejala kanker. Sering dianggap demam biasa dan diberi obat biasa. Setelah satu bulan barulah ketahuan," kata Elvi.

 

Ia menyarankan para orangtua lebih memperhatikan makanan anaknya. Menurutnya, para ibu bisa masak sendiri di rumah. Mengurangi kebiasaan pesan makanan cepat saji.

 

 

Ia juga memberi tips secara umum untuk mencegah kanker. "Membiasakan pola hidup sehat, banyak minum air putih, makan buah-buahan dan sayuran hijau. Selalu berpikir positif dan jangan begadang," paparnya.