Ditemukan Membusuk di Tepi Pantai, Duyung Berbobot 140 Kilo Dikuburkan

Penguburan-Bangkai-Duyung.jpg
(BBKSDA)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Seekor bangkai ikan duyung ditemukan membusuk di tepi Pantai Pulau Bungkuk, Kelurahan Mundam, Kecamatan Medang Kampai, Dumai, Selasa, 9 Februari 2021.

Berawal dari adanya laporan masyarakat tentang adanya temuan bangkai satwa terdampar di tepi pantai yang mengeluarkan bau tak sedap.

Warga yang melaporkan kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, kemudian pergi mendatangi lokasi bersama tim BBKSDA Riau.

Setelah dicek ternyata bangkai merupakan seekor Duyung. Satwa tersebut mati dan terdampar sekitar 30 meter dari bibir pantai 


Kepala Bidang Wilayag II KSDA Riau, Heru Sutmantoro, mengatakan, dari hasil pemeriksaan tim medis terhadap bangkai Duyung, ditemukan dalam kondisi mati, panjang sekitar 2 meter, lingkar perut 40 cm dan berat sekitar 140 Kg. 

“Adapun  penyebab kematian tidak diketahui karena di tubuh satwa tersebut tidak ditemukan ada bekas luka atau sobekan akibat jaring,” ucap Heru.

Heru Sutmantoro, menambahkan, tim BBKSDA bersama masyarakat kemudian menguburkan bangkai Duyung tersebut karena sudah mengeluarkan aroma tak sedap.

 

“Karena bau bangkai Duyung tersebut sudah sangat menyengat, maka Tim Resort  Dumai, Seksi Konservasi Wilayah IV bersama dengan masyarakat setempat langsung menguburkan  bangkai Duyung”, tutupnya.