Musim Nataru Saat Pandemi, Mobilitas Masyarakat di Pelabuhan Sungai Duku Menurun

upt-pelabuhan.jpg
(madi)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala UPT Pelabuhan Sei Duku, Atria menyebut intensitas penumpang tidak mengalami lonjakan signifikan di musim Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini.

"Tidak signitifikan sekali, Cuma 20 persen lah karena pandemi masih ada pembatasan kapasitas dari satgas Covid 19 terkait. Juga ada surat edaran menteri perhubungan dan maklumat kapolri," ujar Atria Rabu 30 Desember 2020.

Secara umum, Atria tidak melihat lonjakan signifikan dibandingkan pada masa pandemi ini.

"Jumlah masih sama seperti masa pandemi," ujar Atria.

Himbauan dari pemerintah kepada masyarakat untuk menahan mobilitas selama Nataru kali ini ditenggarai menjadi alasan tidak melonjaknya penumpang di sungai Duku.

Sebelumnya diberitakan Pelabuhan Sungai Duku menambahkan armada kendaraan operasional kapal cepat dan jam keberangkatan yang dikembalikan seperti sebelum pandemi guna menghindari ppenumpukan penumpang.

Meski demikian, protokol kesehatan ketat tetap dilakukan guna mengantisipasi adanya persebaran virus Corona melalui perpindahan masyarakat ini.

Para penumpang ketika memasuki kapal diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan, jumlah penumpang di Pelabuhan Sungai Duku dibatasi hanya 65 persen dari kapasitas penumpang di kapal cepat.

Selain itu petugas pelabuhan juga melakukan razia masker termasuk membatasi orang yang masuk ke dermaga dengan tidak memperbolehkan orang selain penumpang untuk ikut masuk.