Kadispora Apresiasi Pembinaan Atlet FPTI

FPTI.jpg
(Lukman)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau, Boby Rachmat mengapresiasi pola pembinaan talenta muda atlet Pemprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Riau. Hal ini disampaikannya saat membuka Rapat Kerja Pemprov FPTI Riau di Evo Hotel, Pekanbaru Rabu 23 Desember 2020 sore.

Saat itu, Boby menekankan pentingnya menjaga talenta muda di cabang olahraga. Sebab jika hanya menjaga atlet yang telah berprestasi semata, maka prestasi Riau di masa depan olahraga tidak akan bertahan lama.

"Kalau hanya menjaga atlet berprestasi tanpa menjaga atlet muda, saya yakin tidak akan bertahan lama. Saya contohkan FPTI cukup punya potensi di usia atletnya yang muda, terutama di Provinsi Riau. Karena atletnya muncul dari atlet kita di provinsi Riau," ungkapnya.

Untuk itu Boby meminta agar pengurus cabor panjat tebing tersebut terus kompak dan melakukan pembinaan yang berkualitas tanpa adanya konflik kepentingan antar pengurus. Sehingga pembinaan terhadap atlet potensial terus berjalan dan menuai prestasi.

"Saya pengalaman di Inhu, saya lihat ketertarikan anak kecil atau pelajar untuk memanjat sangat tinggi. Kenapa prestasi tercipta karena dimulai dari hobi. Kalau tidak hobi tentu sulit. Kami berharap pembinaan atlet usia dini dijaga, kalau bisa diperkuat dan memperkokoh. Apalagi panjat tebing diproyeksikan untuk berbagai iven internasional," jelasnya.

Terkait keinginan Pemprov FPTI turut diperkenankan menjadikan cabor panjat tebing menjadi salah satu cabor yang dipertandingkan di Peka Olahraga Provinsi, Boby pun turut mendukung hal tersebut. Apalagi FPTI menurutnya telah banyak memberi bukti.

"Karena FPTI duluan berprestasi sebelum janji. Mereka datang ke dispora menunjukkan hasil.Jadi in kita harapkan ada pembinaan mulai dari atletnya. Sehingga dunia usaha dan pemerintah tertarik untuk mendukungnya," tambah Boby.

Sementara itu Ketua Pemprov FPTI Riau, Yudhi MS berharap cabor panjat tebing turut dipertandingkan di Porprov. Pasalnya aset peninggalan Porprov sangat bermanfaat untuk pengembangan atlet dj daerah. Seperti halnya Inhu dan Kampar.

"Banyak muncul atlet potensial dari iven Porprov tersebut. Sehingga kamipun berharap panjat tebing turut dipertandingkan," harapnya.

Disamping itu, Yudhi mengungkapkan saat ini salah satu atletnya yaitu Puja Lestari tengah menjalani Pelatnas untuk dipersiapkan mengikuti iven antar negara. Disamping itu salah satu atletnya yaitu Gilang Ramadhan juga tengah dilirik PP FPTI.