Anggaran Belanja Covid Kini Tak Lagi Masuk BTT APBD Riau 2021

Hardianto8.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto menyebut anggaran belanja untuk penangan Covid 19 tidak akan lagi diambil melalui Biaya Tidak Terduga (BTT) melainkan langsung disalurkan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. 

 

"Kalau sekarang ini tidak lagi di BTT, kalau dulu kan beda, ini sesuatu yang tidak diprediksi sehingga tidak ada anggarannya kalau untuk tahun depan itu anggaran penanganan Covid-19 sudah di OPD terkait," ujar Hardianto, Kamis 26 November 2020. 

 

 

 

Hardianto menjelaskan dengan pemisahan dana penanganan Covid dari BTT ini dapat lebih dioptimalkan OPD-OPD karena tidak lagi harus berbagi. 

 

"Dananya ada di RSUD Arifin Ahmad, ada di RSJ Tampan di Dinas Kesehatan sendiri jadi melekat di OPD terkait. kalau dulu kan kan memang tidak terprediksi kan sehingga Dana itu dimasukkan ke BTT Jadi kapan butuh on call bisa dipakai sesuai dengan administrasi sudah dipersiapkan" Jelas Hardianto. 

 

Pasca pandemi Covid-19 yang menghantam Riau, terjadi perubahan serius di struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau 2021. 

 

 

Diketahui kemarin DPRD Riau dan Pemprov Riau baru saja menandatangani nota kesepahaman KUA-PPAS APBD Riau 2021. Jumlah APBD Riau untuk sementara diketahui berjumlah Rp. 9,3 triliun atau menurun dari APBD Riau 2020 yang berjumlah Rp. 10,2 triliun.