Forum Anak Riau Berdiri untuk Wujudkan Provinsi Layak Anak

Forum-Anak-Riau.jpg
(Forum Anak Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Forum Anak merupakan organisasi anak yang dibina langsung oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Adanya Forum Anak adalah untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di Indonesia.

Fokus Forum Anak adalah sebagai pelopor dan pelapor dalam pemenuhan dan perlindungan hak anak. Forum anak nasional terbentuk sejak tahun 2009. Kemudian mulai hadir di Provinsi Riau sejak tahun 2011.

“Dibentuknya Forum Anak Riau dimaksudkan untuk mencapai kategori provinsi layak anak,” kata M Faried Syauqi, Ketua Forum Anak Riau.

Untuk menjadi provinsi dan kabupaten layak anak satu kriterianya adalah harus membentuk Forum Anak di daerahnya. Jadi Forum Anak dijadikan sebuah indikator utama agar mendapatkan kategori layak anak.

Kegiatan tahunan yang dimiliki Forum Anak Riau adalah Pertemuan Forum Anak Riau, Training of Facilitator Forum Anak Riau, Bimbingan Teknis Pelopor dan Pelapor. Disamping itu, Forum Anak Riau juga memiliki kegiatan rutin bulanan dan mingguan.

Program rutin seperti penyusunan suara anak Provisinsi Riau. Suara anak provinsi dikumpulkan menjadi suara anak Indonesia untuk memperingati Hari Anak. Isi suara anak adalah aspirasi tentang hal-hal yang sedang menjadi isu hangat seputar kehidupan anak sehari-hari.

“Suara anak Indonesia akan ditampilkan dan disaksikan oleh Presiden dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,” katanya.

Selain itu, selama pandemi organisasi ini rutin melakukan webinar bulanan.

“Webinar rutin diadakan sejak bulan September 2020,” ujarnya.

Saat peringatan Hari Sumpah Pemuda diadakan program Battle Quiz. Semua kegiatan melibatkan anak-anak di Provinsi Riau. Jumlah peserta ada 36 orang dimana setiap kabupaten/kota memiliki 3 kandidat untuk ikut kompetisi Battle Quiz.

Sumber dana didapatkan dari pengajuan proposal kegiatan kepada Dinas PPPA Provinsi Riau.

Prestasi yang sudah di ukir Forum Anak Riau yaitu pada ajang Dafa (Data Forum Anakk) Award mendapatkan predikat Forum Anak Terbaik 2 tingkat nasional 2018, Forum Anak Terfavorit 2019 tingkat nasional dan menjadi Forum Anak dengan lembar profil terbanyak tahun 2020.

Rencananya 2021 akan adakan  pertemuan Forum Anak Riau dan ingin mengadakan pekan bahasa seperti puisi, syair, dan teater.

Selain itu, Syauqi berharap melalui anak-anak dapat menjadi pelopor dan pelapor terkait hak-hak anak dan perlindungan anak melalui Forum Anak Riau. Sehingga bisa membantu pemerintah untuk mewujudkan Provinsi Riau menjadi provinsi layak anak.  

“Karena hal tersebut akan berdampak ke Provinsi Riau juga,” pungkasnya.

Jika ingin mengetahui info lebih dapat langsung di akses melalui media sosial @forumanakriau.

Forum Anak Riau juga memiliki program penyuluhan penerapan protokol kesehatan secara online serentak bersama dengan Forum Anak di seluruh kabupaten/kota Provinsi Riau. Forum Anak Riau juga terlibat aksi bersama pemerintah Provinsi Riau dalam aksi Gebrak Masker.