Meranti Jadi Daerah Pertama Terima Surat Suara, Kabupaten Lain Menyusul

surat-suara-meranti.jpg
(istimewa)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - paket surat suara untuk Pilkada serentak telah tiba di Riau. kabupaten Kepulauan Meranti menjadi daerah perdana yang mendapatkan logistik Pilkada ini.

Pagi hari sekitar pukul 09.00 wib surat suara untuk pemilihan serentak 2020 telah tiba di KPU Kepulauan Meranti. Surat suara ini dikirim dari percetakan di Nganjuk, Jawa Timur.

Berdasarkan rumus, diketahui jumlah surat suara yang dicetak adalah 174.042

"Jumlah surat suara yang dicetak adalah sejumlah pemilih yang ada di dalam DPT plus 2,5% (dihitung dari jumlah DPT di setiap TPS) sebagai surat suara cadangan," ujar
Anggota KPU Prov Kordiv Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Nugroho Notosusanto, Sabtu sore 14 November 2020.

Selain Meranti, juga dikirimkan surat suara untuk KPU Bengkalis dan KPU Dumai yang diberangkatkan tanggal 10 November 2020 lalu dan akan sampai secepatnya.

"Bengkalis dan Dumai diperkirakan sampai hari ini siang dan sore," ujar Nugie

Sedangkan untuk surat suara KPU kab/kota berikutnya, yaitu KPU Indragiri Hulu, Siak dan Rokan Hulu telah diberangkatkan dari percetakan di Gresik, Jawa Timur, Jumat 13 November kemarin malam.

Kemudian disusul surat suara untuk KPU Rokan Hilir dan Pelalawan sudah diberangkatkan dari percetakan di Nganjuk, Jawa Timur pagi ini, Sabtu 14 November 2020 pagi ini.

"Tinggal menyisakan untuk KPU Kuansing yang masih proses cetak di Gresik. Diperkirakan Senin ini sudah dikirim," tambah Nugie.

Selain surat suara, Logistik Pilkada yang juga sudah sampai adalah Spidol besar dan kecil, Karet, Plastik besar dan kecil, Lem kertas, Paku, Plastik kartu nama. Seluruh item logistik ini langsung disimpan di gudang sewa.