Kasus Covid-19 Pelalawan Bertambah, Tidak Ada Klaster Pilkada

asril-gugus.jpg
(riski)

LAPORAN: RISKI APDALLI

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Update penambahan dan perkembangan kasus positif Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau hari ini, Rabu 21 Oktober 2020.

Kabupaten Pelalawan terus mengalami peningkatan kasus begitu masuk gelombang ke kedua pandemi Covid-19

Meski kasus positif meningkat, pasien sembuh dari Covid-19 juga cukup banyak.

Untuk Rabu, 21 Oktober 2020, pasien baru Covid-19 sebanyak 18 orang. Kebanyakan pasien berasal dari Pangkalan Kerinci dan Pangkalan Kuras. Rata-rata warga dinyatakan positif Covid-19 berusia 10 sampai 51 tahun. Semuanya menjalani isolasi mandiri di tempat khusus dan juga ada di rumah masing-masing bagi pasien berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Tujuh orang pasien positif di antaranya hasil tracing kontak dari pasien sebelumnya yang sudah positif duluan. Jadi mereka kontak erat, saat diswab ternyata positif Covid-19. Sedangkan 11 pasien lainnya merupakan hasil swab yang dilakukan secara mandiri dari pribadi maupun perusahaan tempatnya bekerja," kata Kadinkes Pelalawan, Asril M.Kes.

"Pasien sembuh mencapai 24 orang. Mereka sudah selesai isolasi secara mandiri dan dinyatakan sembuh," dia menambahkan.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Pelalawan ini menerangkan, hasil penelusuran pasien positif baru dan pendataan kontak erat, kebanyakan akibat penularan lokal maupun dari luar daerah.

Namun sejauh ini, Diskes memastikan belum menemukan klaster Pilkada yang saat ini sedang memasuki tahapan kampenye dialogis. Pasien baru yang muncul belum ada laporannya berasal dari pertemuan atau kegiatan kampanye yang diselenggarakan para Pasangan Calon (Paslon) peserta Pilkada.

"Belum ada (Kluster Pilkada), belum ada laporan," ujar Asril.

Pasien positif terdeteksi saat ini bukan dari aktivitas Pilkada. Hal ini menunjukan baik penyelenggara maupun semua Paslon menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

"Namun kita juga mengimbau, agar tetap selalu menjalankan protokol kesehatan agar Pilkada nanti itu terjaga dan terhindar dari corona," pungkasnya, kepada RiauOnline.co.id

Untuk diketahui, berdasarkan table, kasus Covid-19 tahap II di Pelalawan sudah mencapai 776 orang dan angka kesembuhannya mencapai 578 orang.

Saat ini, pasien berjuang untuk sembuh ada 190 orang dengan rincian 98 orang menjalani isolasi mandiri dan 92 pasien dirawat di rumah sakit. Sedangkan warga Pelalawan yang meninggal dengan status terkonfirmasi positif Corona sebanyak delapan orang.