KONI Riau Targetkan 20 Sampai 30 Medali Emas di PON Papua

Empakis.jpg
(Lukman)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau menargetkan lebih dari 20 emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 mendatang. Jika berhasil meraih target tersebut, Riau masih berpeluang mempertahankan prestasi 2016 di urutan ketujuh nasional.

Menurut Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, untuk mempertahankan peringkat ketujuh nasional Riau harus mengamankan setidaknya 30 medali emas. Namun jika gagal atau dibawah 25 medali emas, Riau dipastikan turun peringkat.

"Kalau bisa 30 medali emas, itu setidaknya kita bertahan di posisi ketujuh. Namun kalau kalau gagal, misalnya hanya sanggup merebut dibawah 25 medali emas, misalnya 22 emas, itu paling tidak rangking kedelapan," ungkap Emrizal kepada Riau Online, Ahad 18 Oktober 2020 melalui telepon selulernya.

Terkait target tersebut, Emrizal mengaku telah menentukan siapa saja atlet yang berpeluang merebut medali emas, medali perak dan perunggu. Peluang tersebut diukur dari rekam jejak atlet terutama nomor pertandingan terukur.

"Untuk PON Papua 2021, kita sudah bisa tentukan siapa atlet yang berpeluang emas, perak dan perunggu. Ini tidak hanya sekedar kita sebut saja, namun dari rekam jejaknya," jelas Emrizal.

Rekam jejak atlet tersebut merupakan catatan performa atlet saat mengikuti kejuaraan nasional, pra kualifikasi Pon serta berapa kali atlet menjuarai iven yang diikutinya. Sehingga KONI Riau bisa melihat peluang medali dari atlet yang bersangkutan.

"Mudah-mudahan tidak tidak meleset terlalu jauh. Kalau di PON Jawa Barat kita targetkan diangka 18 emas, sekarang ini target kita berada diseputaran 20-30 medali emas. Itu harapan kita" tuturnya.