Kampanye Dialogis Di Desa Semunai, Samda Ingin Tingkatkan Produksi Batu Bata

smda-semunai.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, PINGGIR - Untuk meningkatkan produksi serta penghasilan keluarga, para pengrajin batu bata jangan lagi hanya mengandalkan tenaga manual, namun sudah harus lebih maju menggunakan mesin pencetak yang bisa memproduksi batu bata dalam jumlah banyak dalam waktu singkat.

Hal ini disampaikan calon wakil bupati Bengkalis nomor urut 4, Ir H Samsu Dalimunthe yang akrab disapa Samda kepada masyarakat Desa Semunai, Kecamatan Pinggir, Rabu 30 September 2020 saat kampanye dialogis, kemarin.

"Pengrajin batu bata harus inovatif, memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membantu pekerjaannya. Sekarang batu bata sudah bisa dicetak pakai mesin, tak lagi harus pakai tangan. Karena produksi bisa meningkat signifikan dengan memakai teknologi," kata Samda, Kamis 1 Oktober 2020.

BUMDes sebut Samda, bisa difungsikan untuk memfasilitasi dan menggerakkan ekonomi kerakyatan masyarakat pedesaan. Terlebih produksi batu bata merupakan mata pencaharian tetap sebagian masyarakat Desa Semunai yang sudah turun-temurun.

"Nanti seluruh BUMDes akan kita aktifkan. Tujuannya untuk membantu usaha perekonomian masyarakat setempat, seperti kerajinan, UMKM, pertanian, perkebunan dan lainnya," imbuhnya.

Selanjutnya, terang Samda, orang-orang yang menjalankan BUMDes, harus punya kompetensi di bidangnya.

"Setiap desa tentu berbeda potensi yang dimiliki. Hal ini akan kita petakan sehingga peran BUMDes benar-benar efektif mendukung program pemerintah daerah," papar Samda pasangan calon bupati Bengkalis Indra Gunawan Eet.

Untuk membantu meningkatkan produksi usaha masyarakat pedesaan, Eet-Samda jika terpilih nanti akan memberikan perhatian serius dan modal usaha.

"Kita akan bimbing pelaku usaha di pedesaan sampai mereka berhasil. Sampai membantu pemasaran hasil produksi ke sektor pasar," pungkasnya.