Esok, Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Secara Virtual

Gerbang-Tol-Pekanbaru-Dumai.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: DEFRI CANDRA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Peresmian Trans Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) yang sempat tertunda akhirnya terealisasi.

Tol Permai ini langsung diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo di Gerbang Tol Dumai secara Virtual, Jumat, 24 September 2020.

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (HK), Muhammad Fauzan mengatakan, tol Permai akan meningkatkan perekonomian daerah setempat.

"Keberadaan Tol Pekanbaru-Dumai tak hanya akan membuka konektivitas baru dari Kota Pekanbaru ke Kota Dumai, namun nantinya juga akan mendongkrak perekonomian daerah setempat," ucap Fauzan dalam website resmi, www.hutamakarya.com, Kamia, 24 September 2020.

Tol Pekanbaru-Dumai juga akan menghubungkan berbagai kawasan produktif, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, memangkas jarak tempuh, biaya logistik dan tentunya menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatra.

Fauzan menambahkan, untuk mendukung terealisasinya manfaat yang dihadirkan dari Tol Pekanbaru-Dumai, Hutama Karya telah melakukan berbagai persiapan agar pengoperasian tol dapat segera dilakukan, salah satunya yakni Uji Laik Fungsi (ULF).

ULF merupakan tahap penentuan sebuah jalan tol apakah layak untuk dioperasikan atau tidak. Sebelumnya, Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 telah melewati masa ULF dan telah dibuka secara fungsional.

Perlu diketahui, Tol Pekanbaru-Dumai terdiri dari 6 (enam) seksi tol yaitu seksi 1 (Pekanbaru - Minas) sepanjang 9,5 KM , seksi 2 (Minas – Kandis Selatan) sepanjang 24,1 KM, seksi 3 (Kandis Selatan – Kandis Utara) sepanjang 16,9 KM, seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 KM, seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 KM dan seksi 6 (Duri Utara-Dumai) sepanjang 25,05 KM.

Tol ini juga akan dilengkapi oleh 7 (tujuh) Gerbang Tol dan 5 (lima) pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area. TIP akan terbagi menjadi 2 (dua) tipe yakni Tipe A yang terletak di KM 14,5, KM 45, dan KM 82, sedangkan Tipe B terletak di KM 64 dan KM 13 (arah Pekanbaru).