Syamsuar Izinkan Warga Bepergian Asalkan Uji Swab Saat Kembali ke Riau

gubsya.jpg
(wayan)

Laporan : WAYAN SEPIYANA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar, mengingatkan kepada Forkopimda, seluruh bupati dan wali kota untuk mewaspadai peningkatan kasus positif Covid-19 yang kian hari semakin meningkat di Provinsi Riau.

Dalam hal ini, Pemprov Riau tidak melarang setiap orang untuk bepergian ke mana saja, namun dengan catatan harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19

"Saya ingin menegaskan, bagi saudara-saudara yang keluar daerah, pulang ke Riau harus swab, supaya nanti kita tahu persis, anda tidak bawa penyakit ke Riau," kata Syamsuar, saat memberikan sambutan dan arahan pada Acara Penerimaan dan Pembekalan Pamong Prana Muda Angkatan XXVII Pendaftaran asal Provinsi Riau, di Gedung Daerah Balai Serindit, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Senin, 31 Agustus 2020,

"Kemarin ada Bappeda izin ke Medan, silahkan saja. Saya berat mengizinkan awak ke Medan, karena Medan sekarang merah. Tapi, Karena tugas saya izinkan saja, tapi pas pulang nanti ke Riau wajib swab," ujar mantan Bupati Siak dua periode itu.

Menurutnya, uji swab ketika pulang ke Riau dapat memutus rantai penularan Covid-19 mengingat tren kasus Covid di Riau saat ini naik di atas 100 kasus.

Syamsuar khawatir kapasitas pelayanan kesehatan tidak mencukupi bila terjadi lonjakan, belum lagi tenaga medis, dokter, dan perawat bakal berkurang bila kasus terus meningkat.

"Kita sudah melihat Jawa Timur, Jakarta, Sumatera Barat, kan kewalahan," ungkapnya.

Syamsuar juga menyampaikan, kepada bupati dan walikota agar segera mengambil bersikap memberikan pelayanan terbaik untuk merawat masyarakat yang positif.

"Harus ada ikhtiar kita, tingkatkan fasilitas pelayanan kesehatan, cek semua kesiapan di setiap daerah kabupaten, dan kota," pungkasnya.

Informasi terbaru Covid-19 di Riau, per hari Selasa, 1 September 2020, ada penambahan 78 kasus positif, total menjadi 1924.

Sementara, untuk pasien sembuh bertambah 20 orang, total menjadi 1028 orang, dan untuk kasus meninggal bertambah 1 orang, sehingga total 35 orang meninggal akibat Covid-19 di Riau.