42 Kasus Baru Pasien Positif Covid-19 di Riau, Dua Meninggal Dunia

Kadinkes-Mimi-Yuliani-Nazir.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kasus pasien positif Covid-19 di Provinsi Riau kembali mengalami lonjakan. Berdasarkan rilis yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Minggu 23 Agustus 2020 ada penambahan 42 kasus baru.

Dengan adanya penambahan 42 kasus baru ini, maka total kasus positif Covid-19 secara kumulatif di Riau mencapai 1.237 kasus. Dengan rincian yang dilakukan isolasi mandiri ada 191 pasien, kemudian yang dirawat di rumah sakit ada 260 pasien. Sedangkan untuk pasien sembuh ada 767 orang dan 19 pasien meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir menjelaskan, penambahan 42 kasus baru hari ini tersebar di delapan kabupaten kota di Riau. Kota Pekanbaru masih menjadi penyumbang kasus terbanyak, yakni 23 kasus. Disusul Kota Dumai 8 Kasus, kemudian Kabupaten Siak dan Kampar masing-masing 3 kasus dan Rokan Hulu ada penambahan 2 kasus baru.

"Kemudian di Bengkalis, Pelalawan, dan Indragiri Hulu hari ini ada penambahan kasus baru masing-masing satu kasus," kata Mimi.


Selain ada penambahan 42 kasus positif, kabar baiknya dihari yang sama ada penambahan pasien sembuh dan dipulangkan sebanyak 16 orang. Sehingga total pasien sembuh dan sudah dipulangkan di Riau hingga saat ini sudah mencapai sebanyak 767 pasen.

"Hari ini ada kabar duka dari Riau, ada penambahan dua pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. Sehingga total pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia ada 19 orang," kata Mimi.

Dua pasien yang meninggal dunia, Minggu 23 Agustus 2020 tersebut adalah pasien dengan inisial AL, laki-laki, usia 43 tahun, warga Bengkalis. Kemudian kedua adalah pasien dengan inisial S, laki-laki, usia 57 tahun, warga Pekanbaru.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan Provinsi Riau, jumlah kasus suspek Covid-19 yang dilakukan isolasi mandiri berjumlah 5.207 orang. Kemudian yang diisolasi di rumah sakit berjumlah 66 orang dan yang sudah selesai isolasi berjumlah 7.440 orang. Sedangkan kasus suspek yang meninggal dunia berjumlah 27 orang.

"Sehingga total pasien Suspek Covid-19 di Riau seluruhnya berjumlah 12.740 orang," ujar Mimi.