16 Ribu Sertifikat Tanah Diberikan Kepada Warga

sertifikat-tanah.jpg
(lukman)

RIAU ONLINE, RIAUONLINE - Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi menyerahkan sertifikat tanah secara virtual di Gedung Daerah, Jumat (7/8/2020). Penyerahan sertifikat ini turut disaksikan Menteri Agaria dan Tata Ruang Indonesia/Badan Pertanahan Nasional, Sofyan A Djalil.

Sertifikat tersebut diserahkan Gubri secara simbolis kepada 10 perwakilan penerima yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Riau. Dari 16.372 sertifikat tanah yang diserahkan, sebanyak 11.781 diantaranya merupakan sertifikat bidang program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Kemudian sebanyak 4.397 sertifikat bidang redistribusi tanah. Sisanya sebanyak 194 sertifikat merupakan sertifikat tanah wakaf, rumah ibadah dan perkuburan.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Sofyan A Djalil berharap penyerahan sertifikat terutama PTSL jangan sampai membuat permasalahan baru. Sehingga segala persyaratan yang ditetapkan harus diselesaikan secara lengkap.

"BPN agar menjaga kualitasnya, jangan sampai PTSL membuat sengketa baru. Makanya harus benar-benar lengkap. Karena hal ini diharapkan bisa menghilangkan konflik agraria," tegasnya.

Sofyan A Djalil mengatakan, sertifikat tanah yang diberikan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya. Terutama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan sertifikat tanah sebagai jaminan pinjaman modal usaha.

"Dengan sertifikat tanah tentu masyarakat bisa memanfaatkannya. Misalnya meminjam dana KUR di bank, itu bunganya hanya 6 persen setahun. Sehingga bisa membantu modal usaha," tambahnya.