Hari Ini, Kasus Positif Covid-19 Bertambah 29 Pasien di Riau

mimi-kadinkes.jpg
(Lukman)

Laporan: LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau merilis tambahan 29 kasus positif covid-19 di Riau, Rabu (5/8/2020). Kasus terbanyak terdapat di Kabupaten Siak sebanyak 15 kasus dan Pekanbaru 13 kasus. Satu kasus lainnya merupakan warga Kampar.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir banyaknya kasus terkonfiramsi positif covid-19 tersebut merupakan hasil tracing dan tracking yang dilakukan petugas kesehatan. Sehingga penyebaran covid-19 dari kasus sebelumnya bisa diungkap secepatnya.

"Banyaknya ditemukan kasus merupakan hasil tracing dan tracking dari kasus terkonfirmasi positif covid-19 pada pasien sebelumnya. Sebagian juga merupakan hasil swab yang digelar secara massal maupun secara mandiri," ungkap Mimi.

Seperti diungkapkan Mimi, dari tracing yang dilakukan terhadap kontak erat dengan pasien ke-46 tuan AA (39) warga Siak, setidaknya terdapat lima pasien baru. Kelima pasien tersebut yaitu tuan KP (49), tuan JM 45, tuan MR (48), tuan ZCH (36) dan tuan AF (51).

"Dari tracing yang dilakukan terhadap orang-orang yang memiliki kontak erat dengan pasien AA, ditemukan 5 tambahan pasien baru. Semuanya warga Siak dan saat ini tengah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru," jelas Mimi.

Sementara itu di Pekanbaru, terdapat lima pasien terkonfirmasi positif covid-19 karena memiliki kontak erat dengan pasien ke-412 tuan JD (23) warga Rokan Hilir. Padahal Senin (3/8/2020) lalu, juga ditemukan empat warga Rohil yang menjadi pasien terkonfirmasi positif karena memiliki kontak erat dengan JD.

"Warga Pekanbaru yang juga terkonfirmasi positif karena memiliki kontak erat dengan JD yaitu tuan BAS (48), tuan B (54), tuan GK (49), tuan NRE (20) dan tuan YP (42)," jelas Mimi.