Bayi Usia 16 Hari Positif Covid-19 di Siak

buhy-yuwono.jpg
(istimewa)

Laporan: EFFENDI

RIAU ONLINE, SIAK - Bayi Berusia 16 hari di Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak, dinyatakan positif terjangkiti covid-19. Bayi inisial AA saat ini di isolasi dan dirawat di RSUD Siak, AA merupakan hasil tracking kontak erat dengan pasien Ny. SR (25) yang sudah dinyatakan positif sebelum ini.

"Bayi berusia 16 hari ini hasil tracking kontak erat dengan pasien Ny. SR," kata wakil sekretariat tim gugus tugas penanganan Covid-19 Siak Budhi L Yuwono, Senin (3/8/20).

Budhi menjelaskan, AA merupakan keponakan dari Ny. SR, yang sebelum ini melakukan kontak erat. Selain itu, Ibu, kakak dan ipar Ny. SR juga dinyatakan positif terjangkiti covid-19.

"Ny. SR ini merupakan salah seorang tenaga medis di RSUD Siak, pasien ini terjangkiti covid-19 saat di RSUD," katanya.

Selain keenam keluarga tersebut, pihak gugus tugas mencurigai ada lain yang melakukan kontak erat dengan pasien, dan saat ini sedang dilakukan tracking.

"Ada beberapa orang kami curigai melakukan kontak erat dengan pasien," kata Budhi.

Total jumlah kasus positif baru covid-19 di Kabupaten Siak per 3 Agustus 2020, sebanyak 69 kasus. Selain 5 orang dari Sabak Auh, juga ditambah 1 orang dari Kecamatan Siak dan 2 orang dari Kecamatan Tualang.

Budhi mengimbau, agar masyarakat untuk tetap tenang dan mematuhi aturan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Dengan disiplin memakai masker, disiplin mencuci tangan dan disiplin menjaga jarak.

Sementara itu, Penghulu Kampung Laksamana Kecamatan Sabak Auh Misbah mengatakan, dengan sudah 6 warganya terkonfirmasi positif terjangkiti covid-19, pihaknya bersama tim gugus tugas menutup akses masuk ke area perumahan pasien. Saat ini mereka sudah mendirikan posko.

"Jalan Panca Karya kita tutup, dan saat ini kota sudah dirikan posko di jalan Marga Ayu," kata Misbah.