Kukuhkan Komisioner Baznas Siak, Alfedri: Bersinergi Bersama Sejahterakan Umat

Alfedri38.jpg
(Istimewa)


Laporan: Hendra Dedafta

RIAU ONLINE, SIAK - Bupati Alfedri, mengukuhkan lima Komisioner BAZNAS Kabupaten Siak periode 2022-2027 yang berlangsung di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan, Kantor Bupati Siak, Senin, 06 Juni 2022.

Kepada Komisioner BAZNAS Kabupaten Siak yang dikukuhkan di antaranya Ketua H. Samparis Bin Tatan, Wakil Ketua I Syukron Wahib, Wakil Ketua II H. Sukijo, Wakil Ketua III KH. Moch Sowwam Anis, Wakil Ketua IV Rojikin, Bupati Alfedri, berharap pengumpulan zakat kedepan bisa ditingkatkan lagi.

"Kedepan program BAZNAS harus sinergi dengan program pemerintah daerah, sehingga lembaga ini bisa mensejahterakan umat," ucap Bupati Alfedri.


Ada dua pendekatan Lanjut Alfedri, yang bisa dilakukan dalam pengelolaan zakat, pertama menyadarkan umat bagaimana mau membayar zakat dan kedua pemberdayaan umat, dengan lebih menekankan segi pendistribusian, pemberdayaan dan pembinaan.

”Sehingga program yang baik, seperti Siak Peduli, Siak Religius, Siak sejahtera dan Siak sehat kedepan bisa ditingkatkan, termasuk beasiswa unggulan bagi warga miskin. Dengan memantapkan pendidikan mereka, dan ini sangat di rasakan manfaatnya. Mereka mendapatkan kesempatan bisa bekerja baik di luar maupun dalam daerah," terangnya.

Melalui pemberdayaan pendayagunaan zakat ini, kata Alfedri angka kemiskinan di Kabupaten Siak dapat berkurang, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak dalam menaikkan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Siak yang saat ini di urutan ketiga di untuk tingkat kabupaten di Provinsi Riau.

"Kami berharap kepada komisioner yang baru di kukuhkan bekerjasama dan berkolaborasi dengan semua pihak, zakat bisa terhimpun harus didukungan Pemda, Kemenag, camat, penghulu RT dan RW," harapnya.

Ia juga berharap, pengurus BAZNAS yang baru dapat melihat potensi zakat di Kabupaten Siak, yang sangat besar dari zakat perkebunan dan zakat mal.