Lebih Tipis, Apple Perkenalkan Perangkat Macbook Air M2, Cek Harganya

Apple5.jpg
(AppleInsider via Info Semarang Raya.com)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pada event Wordlwide Developers Conference (WWDC) 2022 ini, Apple kembali memperkenalkan perangkat baru Macbook Air yang ditenagai chip M2 dengan harga lebih mahal.

Macbook Air M2 hadir dengan layar Liquid Retina Display berukuran 13,6 inch dan punya bezel tipis sekelilingnya. Apple mengatakan, layarnya punya 1 miliar warna dengan tingkat kecerahan 500 nit.

Bagian atasnya terdapat notch layaknya MacBook Pro. Di poni tersebut, Apple memasang kamera FaceTime 1080p yang dijanjikan dua kali lebih terang saat digunakan di kondisi kurang cahaya.

MacBook Air terbaru tampil begitu tipis tanpa kipas. Ketebalannya cuma 11,3 mm dengan berat hanya 1,2 kg saja. Bodinya sendiri menggunakan alumunium unibody diklaim kokoh untuk penggunaan lama.


Apple menempatkan port MagSafe, dua port Thunderbolt di sisi kiri dan jack audio 3,5 mm yang mendukung headphone impedansi tinggi. Laptop ini membawa tiga mikrofon dan empat speaker yang mendukung Dolby Atmos.

Bicara dapur pacunya, MacBookAir disokong Apple M2 yang diklaim punya performa 40% lebih ngebut dari generasi sebelumnya. Chipsetini punya CPU 8 core dan GPU8 dan 10 core.

Apple menyediakan konfigurasi SSD hingga 2 TB, sedangkan RAM sampai 24 GB. Dalam paket penjualannya diberikan charger baru yang memiliki dua port USB Type C 35W. Namun laptop ini mendukung pengisian cepat 67W yang dapat mengisi 50% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Laptop penerus MacBook Air M1 ini hadir dalam balutan warna silver. starlight, space gray dan midnight. Harga MacBook Air M2 lebih mahal dari sebelumnya, Apple membanderolnya mulai dari USD 1199 atau sekitar Rp 17,3 juta. Sementara untuk pelajar USD 1099 atau kisaran Rp 15,8 juta.

Sedikit perbandingan harga MacBook Air M1 saat dirilis perdana mulai dari USD 999 atau kisaran kisaran Rp 14,1 juta. Khusus pelajar diberikan harga khusus USD 899 atau Rp 12,7 juta.