Kasus Positif Covid-19 meledak di Rohil dan Pelalawan

Kadinkes-Mimi-Yuliani-Nazir.jpg
(istimewa)

Laporan: LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Riau mencatat rekor penambahan kasus positif covid-19 pada Senin (3/8/2020). Bahkan Riau menempati urutan kedelapan secara nasional dengan 50 kasus terkonfirmasi positif covid-19.

Dari 50 kasus positif covid-19 tersebut, terjadi ledakan kasus di Rokan Hilir dan Pelalawan. Pasalnya jumlah kasus positif harian di dua kabupaten tersebut sebelumnya termasuk minim. Bahkan di Rohil terjadi penambahan sebanyak 18 kasus. Padahal sebelumnya jumlah kasus positif covid-19 di Rohil hingga 2 Agustus hanya 7 kasus.

"Kasus terbanyak ada di Rohil dengan penambahan terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 18 kasus. Kemudian ledakan kasus juga terjadi di Kabupaten Pelalawan dengan tambahan sebanyak 9 kasus," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir.

Disamping dua kabupaten yang terjadi ledakan kasus positif covid-19, Kabupaten Siak juga terdapat penambahan kasus positif sebanyak 10 pasien. Sehingga total kasus positif DI Siak mencapai 70 kasus terkonfirmasi positif covid-19.

Banyaknya ledakan kasus di Pelalawan ternyata tertular dari kasus positif sebelumnya yaitu memiliki kontak erat dengan pasien ke-428 tuan MR (46) warga Pelalawan. Total ada sebanyak 7 pasien yang terkonfirmasi positif karena memiliki kontak erat dengan MR.

"Ketujuh pasien tersebut yaitu tuan B (31) warga Pelalawan. Kemudian batita perempuan usai 2,5 tahun inisial Is. Selanjutnya nyonya J (53), tuan MS (23), nyonya R (40), nyonya WNR (18) dan tuan ZH (30). Semuanya diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru," jelas Mimi.