Akses Jalan Lintas Bukit Batu-Dumai Rusak parah

jalan-rusak.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Kondisi jalan lintas Kecamatan Bukit Batu-Dumai yang berada di wilayah Kabupaten Bengkalis, sangat memprihatinkan. Kondisi jalan yang berlubang dan hancur kerap kali membuat pengendara sepeda motor terjatuh melintas jalan tersebut.

Warga Kecamatan Bukit Batu, Miun menyebut rusaknya Jalan Lintas Bukit Batu-Dumai itu lantaran banyak mobil besar jenis truk melintas di Jalan itu.

"Bisa dikatakan setiap malam truck fusso melintas. Kalau sudah truck fusso yang melewati Jalan itu pasti tanah bergetar," katanya, Senin 3 Agustus 2020.

Miun menambahkan, mobil truk tersebut melintas biasanya saat malam hari.

"Mobil truck fusso itu lewat dari mulai pukul 23.00 WIB sampai dinihari, mereka melintas dengan cara berkonvoi, ada tujuan Jakarta-Medan, Medan-Jakarta kemudian lewat kerinci," terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Camat Bukit Batu, Taufik Hidayat tidak menampik dengan kondisi Jalan lintas tersebut.

Taufik Hidayat mengatakan, pembangunan Jalan lintas Kecamatan Bukit Batu-Dumai itu merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Riau, bukan pemerintah Kabupaten Bengkalis.

"Jalan provinsi ini mulai dari depan kantor Camat Bukit batu sampai ke kota dumai. Jadi pemeliharaannya adalah kewenangan provinsi," ungkap Taufik.

Menurut Taufik, proyek jalan tersebut senilai Rp8 milyar lebih. Namun dia tidak tahu posisi titik perbaikannya.

"Kalau tak salah saya sekitar Rp8 milyar lebih. Dan papan planknya saya juga tidak kelihatan. Kalau soal titik-titik pemeliharaan saya tidak juga paham dimana saja. Apakah memang cuma spot itu saja atau sampai dimana pembangunan nya," ucap Taufik.

Lanjut Taufik, dengan kondisi Jalan yang cukup parah, saat ini pemerintah provinsi Riau memang sedang melakukan pengerjaan proyek Jalan tersebut.

"Mungkin kemarin berhenti sementara ini lantaran hari raya Idul Adha. Soalnya kemarin pas saya lewat masih dikerjakan. Kami berharap baik dari pemerintah maupun masyarakat agar jalan itu segera diperbaiki, lantaran kondisi jalan itu rusaknya cukup parah,"pungkasnya.