Pertama di Riau, Bayi Baru Lahir Dinyatakan Positif Covid-19

Bayi-baru-lahir3.jpg
(istimewa)

Laporan LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kabar mengejutkan disampaikan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yopi, Senin 20 Juli 2020.

Pasalnya dari 15 tambahan kasus positif, satu diantaranya merupakan bayi berusia satu hari.

Dijelaskan dr Indra Yovi, saat ini bayi berinisial RA tersebut tengah diisolasi dan dirawat di RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru.

Awalnya bayi berjenis kelamin perempuan tersebut lahir melalui tindakan Caesar dari ibu dengan keluhan preeklamsi berat dan hasil rontgen Bronkopenumonia serta Rapid Test dinyatakan Reaktif pada Minggu 19 Juli 2020.

"Bayi RA ini ada keluhan pernapasan, setelah dirontgen ada infeksi dan dilakukan pengambilan swab pada tanggal 19 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan positif covid-19. Pengambilan rapid test dan swab bayi dilakukan dengan teknik dan alat khusus," jelas Indra Yopi.

Terkait kasus bayi berusia satu hari positif covid-19 tersebut, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau akan melakukan traking kontak bayi.

Pasalnya belum diketahui riwayat penularan bayi tersebut.

"Besok kita akan selidiki, karena bayi ini lahir melalui operasi. Nanti kita traking penularannya, termasuk di rumah sakit bayi itu lahir, dokter yang melakukan operasi. Termasuk orang yang berkontak langsung dengan ibu bayi dan bayi itu sendiri," tambahnya.

Senentara itu, penambahan kasus positif covid-19 di Riau pada Senin 20 Juli 2020 mencapai 15 orang.

Lima di antaranya merupakan warga asal Sumatera Selatan yang merupakan pekerja di salah satu perusahaan di Siak.

Positifnya lima pekerja tersebut menyusul lima pekerja sebelumya yangdiketahui positif covid-19 usai melakukan perjalanan dari Sumatera Selatan.