Istana Siak Akan Ditutup Lagi Menyusul Lonjakan Kasus Positif Covid-19

Istana-Siak2.jpg
(Riau Online)

RIAUONLINE, SIAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak akan menutup kembali Istana Asserayah Hasyimiah bagi wisatawan lokal maupun luar. Hal itu dilakukan menyusul terjadinya penambahan kasus orang terkonfirmasi positif COVID-19 di negri istana matahari timur tersebut.

Sekretaris Gugus Kabupaten Siak, Budhi Yuwono menyebutkan kebijakan tersebut merupakan guna mengantisipasi penyebaran penularan virus tersebut.

"Hal tersebut dikarenakan adanya kasus orang terkonfirmasi positif insial F, MY, N, SR, NR, NA dan 5 orang warga Sumatra Selatan pekerja dari PT IKPP di Kecamatan Tualang kemarin, untuk sementara istana Siak kita tutup kembali bagi wisatawan," tutur Budhi Yuwono ke media di siak.

Tidak hanya itu kata Budhi, hasil swab massal dari Dinas Pendidikan Kebudayaan Siak kemarin, didapati satu orang yang kontak erat dengan rekannya terkonfirmasi positif COVID-19.

"Insialnnya M. M sudah diisolasi di RS Tengku Rafi'an Siak, bersama sementara istrinya. Untuk Disdikbud Siak, akan kita tutup sementara sampai waktu kondusif. Saat ini, positif di Siak yang di rawat ada 19 orang. 4 orang diantaranya, di rawat di Siak dan 15 orang di salah satu rumah sakit di Pekanbaru," terang Budhi.

"Sementara pagi tadi kami dapat informasi, salah satu pegawai Dinas Sosial Siak ada satu orang reaktif setelah dilakukan Rapid Test. Karena ada yang reaktif, seluruh pegawai di Dinas tersebut dilakukan Rapid juga, semoga hasil swab-nya negatif," harapnya.

Adanya penambahan jumlah orang terkonfirmasi tersebut, Budhi menghimbau masyarakat Siak agar patuh untuk menjalani protokol kesehatan COVID-19.

"Pakailah masker jika keluar rumah, jaga jarak. Hal ini guna menghindari keluarga kita dari tertular virus tersebut," pungkasnya. (effendi)