BLT Kabupaten Kuansing Akan Disalurkan Akhir Bulan Ini

Plt-Kepala-Dinsos-PMD-Kuansing-Napisman.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuansing melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kuansing saat ini masih menunggu review soal Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kabupaten.

BLT Kabupaten akan disalurkan bila review selesai. Dimana Pemkab Kuansing juga menyiapkan BLT Kabupaten untuk masyarakat. BLT disiapkan untuk tiga bulan mulai April, Mei dan Juli 2020 dengan besaran Rp 600 ribu perbulan.

"Masih direview, selesai ini baru akan disalurkan," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinsos PMD Kuansing, Napisman, Jumat, 17 Juli 2020.

Diperkirakan, kata Napisman, BLT Kabupaten akan disalurkan minggu kelima Juli 2020. "Dua minggu lagi kemungkinan baru akan kita salurkan, karena dana bantuan ini direview dulu," katanya.

Untuk besaran, kata Napisman, sama dengan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI sebesar Rp 600 ribu perbulan. Bedanya, BLT Kabupaten hanya untuk tiga bulan mulai dari April, Mei dan Juli 2020.

"Untuk awal nanti akan kita salurkan untuk satu bulan dulu Rp 600 ribu. Nanti akan ada evaluasi oleh kita baru dua bulan lagi menyusul," katanya.

Berdasarkan data Dinsos PMD Kuansing, jumlah penerima BLT Kabupaten total ada 11.937 Kepala Keluarga (KK). "Kurang sedikit dari 12 ribu," katanya.

Napis berharap masyarakat yang terdaftar masuk dalam BLT Kabupaten bisa bersabar jelang dana bantuan ini selesai dilakukan review. "Kita minta masyarakat bersabar karena ada proses yang harus dilalui, ini penyebab dana BLT ini lambat disalurkan," katanya.