1.371 Hektare Lahan Terbakar Sejak Januari 2020 di Riau

AKBP-Indra-Wijatmiko.jpg
(Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau kembali terjadi di sepuluh kabupaten kota di Riau. Berdasarkan data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (PPBD) Riau, sejak Januari hingga pekan kedua Juli 2020 ini total luas lahan yang terbakar di Riau sudah mencapai 1.371 hektare.

Kebakaran lahan tersebar di Rohil 52 hektare, Dumai 117 hektare, Bengkalis 357 hektare, Meranti 41 hektare, Siak 166 hektare, Pekanbaru 15 hektare, Kampar 22 hektare, Pelalawan 100 hektare, Inhu 48 hektare dan di Inhil 451 hektare.

"Sedangkan di Rohul dan Kuansing masih nihil Karhutla. Mudah-mudahan ini bisa terus dipertahankan," kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, Minggu 12 Juli 2020.

Sementara dari sisi penegakan hukum, sejauh ini sudah ada 57 orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka pembakar lahan.

Namun perkembangan terbaru, sejumlah wilayah yang sebelumnya sempat terjadi Karhutla seperti di Pelalawan, Rupat, Mandau dan Dumai api sudah padam dan pasukan gabungan sudah ditarik dari lapangan.

"Alhamdulillah sudah clear semua, hari ini juga tidak ada titip api, yang ada hanya titik panas saja. Personil kita di lapangan tetap standby, dan waspada, sambil melakukan patroli. Kalau nanti ada muncul api petugas langsung diturunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman agar api tidak semakin meluas," katanya. (*)