Lion Air Ditumpangi Pasien Positif Covid-19, Tim Gugas Lakukan Tracing

Lion-Air-Antre.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU -Pemprov Riau melalui  Tim Gugus Tugas (Gugas) Percepatan Penanggulangan Covid-19 punya tugas yang cukup berat. Tim Gugus harus melakukan tracing terhadap 25 penumpang pesawat Lion Air dari Pekanbaru tujuan Jakarta.

Pesawat yang terbang pada 5 Juli 2020, pukul 11.30 WIB tersebut ditumpangi pasien positif Covid-19 ke-235 di Riau, yakni tuan ES (56).

"Ada sekitar 25 orang penumpang yang akan ditracing. Semuanya berkebangsaan Indonesia, tidak ada warga negara asing. Namun kami belum mengetahui pasti alamat detailnya dan warga mana," kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir di Gedung Daerah Provinsi Riau, Selasa 7 Juli 2020.

Ia pun menjelaskan, bahwa 25 penumpang ini merupakan penumpang yang lokasi duduknya berdekatan dengan pasien positif Covid-19 ES (56) tersebut.

"Mereka yang ditracing dan akan diambil swab ini merupakan penumpang yang duduknya berada di bangku baris depan, belakang dan samping kanan kiri yang berada di dekat pasien Covid-19, ES (56) tersebut," kata Mimi.

Selain itu, Mimi juga menyarankan agar pihak Lion Air pun memeriksakan kesehatan para pramugari dan kru pesawat yang ikut dalam penerbangan bersama pasien positif tersebut.

"Sebaiknya yang merasa berangkat dengan penerbangan yang sama, baik itu pramugari dan kru pesawat, tolong diperiksakan kesehatannya supaya jelas. Agar semua aman, kita aman, keluarga aman dan orang lain pun aman," ujarnya