Puskesmas Lubuk Jambi Mendadak Ramai, Gelar Swab Hasil Tracing Ny SA

Swab-di-Puskesmas-Lubuk-Jambi.jpg
(istimewa)
RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN -Sebanyak 75 orang menjalani swab massal hasil tracing (pelacakan) kontak dengan Ny SA (32) pasien konfirmasi positif nomor 7 di Kabupaten Kuansing.

Ny SA (32) sendiri saat ini sudah diisolasi dan dirawat di RSUD Teluk Kuantan. Swab massal terhadap 75 orang hasil tracing dengan Ny SA digelar di Puskesmas Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kamis, 2 Juli 2020 mulai pukul 09.00 WIB.

"Hasil tracing kontak dengan pasien konfirmasi positif Ny SA sebanyak 75 orang, dan akan dilakukan pengambilan swab hari ini (Kamis,red)," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing, Agusmandar, Kamis, 2 Juli 2020.

Selain melakukan swab massal, Agusmandar mengatakan, saat ini juga telah melakukan isolasi terhadap petugas medis laboratorium RSUD Teluk Kuantan sebanyak 11 orang. "Juga ada berapa orang kita isolasi petugas medis yang bertugas di ruang isolasi pinere dan VIP," katanya.

Terkait apakah pelayanan di RSUD terganggu, menurut Agusmandar, penyelenggaraan pelayanan di RSUD tetap seperti biasa tidak ada perubahan.

Kemudian untuk mencegah penyebaran Covid-19 di instansi pemerintahan, disampaikan Agusmandar, dalam waktu dekat Tim akan melakukan penyemprotan disinfektan di kantor Bupati, RSUD dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

"Untuk ASN di Sekretariat Daerah juga akan dilakukan swab massal, kini menunggu kesiapan dari Dinas Kesehatan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, tambahan kasus baru positif Covid-19 untuk Kuansing diumumkan Gugus Tugas Provinsi Riau, Senin 29 Juni 2020 lalu.

Adalah Ny SA (32) berasal dari Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing. Dia di labeli pasien 225 positif Covid-19 di Riau. Ny SA (32) merupakan analis laboratorium RSUD Teluk Kuantan Kuantan.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing, dr Amelia Nasrin membenarkan adanya penambahan satu kasus baru konfirmasi positif di Kuansing.

"Ny SA (32) asal Kuantan Mudik (pasien baru) masuk pinere hari ini (Senin,red). Pasien masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG)," ujar dr Amel melalui keterangannya di grup pertemanan WhattsApp Gugus Tugas, Senin sore.

Amel mengatakan, Ny SA sendiri diduga terpapar Covid-19 karena memiliki riwayat kontak dengan konfirmasi positif nomor 6 di Kabupaten Kuansing yakni Tn IMT. 

Saat ini Tn IMT sendiri sudah dinyatakan sembuh. Dua kali swab hasilnya Negatif Covid-19. Dan saat ini menjalani isolasi selama 10 hari kedepan.