Polda Riau Luncurkan Program Jaga Kampung, Ini Tujuan Mulianya

Kapolda-Riau-Bersama-Warga.jpg
(Tribratanews)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kepolisian Daerah (Polda) Riau, Jumat 26 Juni 2020, meluncurkan program Jaga Kampung. Program tersebut salahsatunya bertujuan untuk menguatkan ketahanan pangan masyarakat, yang saat ini sedang dilanda Pandemi Covid-19.

Adapun daerah yang menjadi pilot project program Jaga Kampung yang digagas Polda Riau ini adalah Kampung Sengkemang, Dusun Lingkar Padi, Kecamatan Koto Gasip, Kabupaten Siak. Selain di sana, program serupa juga akan dijalankan diseluruh Riau.

Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi disela-sela kunjungannya ke Kampung Sengkemang, Jumat 26 Juni 2020 sore mengungkapkan, program Jaga kampung adalah gerakan internalisasi dari nilai luhur, sembari mengoptimalkan upaya untuk membangun berbagai ketahanan, termasuk pangan.

"Tujuan pencanangan jaga kampung ini yaitu agar kuat kampungnya, sehat masyarakatnya dan cukup pangannya. Dengan tiga hal tersebut kampung terjaga, baik dari Covid-19, narkoba, radikalisme dan lain sebagainya. Ini gerakan dari kita semua," yakin jenderal bintang dua tersebut.

Kesuksesan program Jaga Kampung tersebut, yakin Irjen Agung, tidak lepas dari dukungan berbagai jajaran, termasuk masyarakatnya, di mana fokus utamanya adalah pemenuhan kebutuhan. Sebab itu, gerakan ketahanan pangan menjadi pilihan dalam program tersebut.

"Jaga kampung merupakan gerakan yang datang dari kita semua, agar ke depan menjadi kampung yang kuat, dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan memberdayakan lahan," lanjut Kapolda Riau.

Diyakinkan Irjen Agung, Polda Riau juga akan mencanangkan gerakan Jaga Kampung untuk seluruh Provinsi Riau. "Secara serentak dicanangkan di seluruh Riau. Jadi dimulai dari setiap Polres satu kampung sebagai pilot project, kemudian setiap Polsek," harapnya.

Sementara di Kampung Sengkemang, ada sekitar 500 hektar lahan yang kini diberdayakan sebagai sumber ketahanan pangan warganya. Lahan itu ditanami mulai dari jagung hingga holtikultura lainnya.

"Di kampung Sengkemang ini kita berdayakan lahan yang sudah ada, dan ini menjadi ketahanan pangan masyarakat. Ada kelompok tani yang dilibatkan dan mereka dibina oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa dan penghulu," ungkap dia.

Selain menjadi pilot project program Jaga Kampung, Desa Sengkemang ini juga salah satu kampung yang telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di Kabupaten Siak. Bahkan disetiap rumah, disediakan air cuci tangan dan sabunnya. Warga setempat juga dengan sadar menggunakan masker saat ke luar.

"Sengkemang ini menjadi kampung teladan dan juara sekecamatan Koto Gasip dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19," puji Kapolda Riau dilansir dari Tribratanews.

Kunjungan Kapolda Riau ke Kampung Sengkemang ini, juga didampingi Sekdaprov, Kasirem 031 Wirabima, Bupati Siak dan Forkopimda. Diluncurkannya program Jaga Kampung tersebut, bertepatan jelang Hari Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli mendatang.