Bupati Siak Tinjau Lokasi Pembangunan Sanitasi dari Kementerian PUPR di Perawang

sanitasi.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, SIAK - Bupati Siak Alfedri meninjau lokasi Sanitasi berbasis Masyarakat Program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang.

"Warga setempat terlihat senang dan menyambut baik program sanitasi bersama ini. Sehingga kedatangan kami beserta Kadis PU Tarukim, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Riau dan rombongan di lokasi yang akan dibangun Sanimas ini disambut dengan sangat antusias," katanya.

Pembangunan IPAL di RT14/RW 6 Kelurahan Perawang dan di RT 2 /RW 6 Desa Tualang dengan luas masing-masing 3,5 meter x 12 meter ini sudah bisa dimulai. Kapasitas anggarannya bisa untuk 100 rumah. Limbah yang masuk ke sanitasi bersama ini secara biologis akan diolah menjadi bersih di instalasi pengelolaan air limbah (IPAL).

Sanitasi berbasis masyarakat ini pengerjaannya dilakukan secara sinergi antara pemerintah dengan kelompok pemberdayaan masyarakat. Masyarakat ikut terlibat aktif secara gotong-royong melakukan pembersihan lahan tempat sarana dan prasarana, sejak awal hingga berkelanjutan.

Tidak hanya Sanitasi, dalam program Sanimas ini, masyarakat dapat berembuk untuk membuat sarana pendukung lainnya. Karena air limbah dapat diolah menjadi air bersih yang dapat digunakan kembali, bisa untuk kolam ikan dan lainnya.