Di Tengah Pandemi, Gubernur Riau Lantik 20 Pejabat Eselon II, Ini Nama-namanya

Pelantikan-pejabat.jpg
(Riau Online)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 20 Pejabat Tinggi Pratama (PTP) setingkat kepala dinas, badan dan biro di lingkungan Pemprov Riau resmi dilantik dan diambil sumpahnya, Senim 15 Juni 2020. Pelantikan yang berlangsung di aula Dang Merdu, Menara Bank Riau Kepri Jalan Sudirman Pekanbaru ini dipimpin langsung Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.
 
Berbeda dengan pelantikan pejabat sebelumnya. Pada pelantikan pejabat eselon II kali ini prosesi pelantikan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Mulai  dari pemeriksaan rapid test kepada seluruh pejabat yang dilantik dan tamu undangan yang hadir. 
 
Kemudian menggunakan masker dan sarung tangan. Di dalam ruangan pelantikan juga diterapkan pysikal distancing. Kursi pejabat dan tamu yang hadir dalam pelantikan ini disusun berjaka 1 hingga 2 meter antara satu kursi dengan kusri yang lain. Tidak hanya itu, saat usai prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan, tidak ada acara pemberian selamat dengan berjabat tangan sebagaimana pelantikan pada umumnya. 
 
Usai melantik, Gubri hanya memberikan selamat dari jauh sambil mengaitkan kedua telapak tangannya sebagai bentuk penghormatan dan menjaga jarak serta menghindari kontak fisik. 
 
"Jabatan ini amanah, ada pertanggungjawaban kepada Allah SWT. Sekecil apapun kerja kita sekecil harus dipertanggungjawabkan kepada Allah dan ke kami," kata Gubri Syamsuar.
 
Gubri mengajak pejabat yang dilantik untuk sama-sama bekerja keras, karena saat ini gubernur dan wakil gubernur Riau tengah dihadapkan tugas berat.
 
"Saya dan Wagub dihadapkan tugas yang berat. Pertama kami menjabat belum terlibat dalam pembahasan APBD. Kedua, tahun 2020 kita sudah masuk visi misi dan skala prioritas, namun Allah berkata lain, kita dihadapkan dengan musibah Covid-19. Karena itu, mari kita kerja keras dan kerja sama yang bagus. Saya yakin dengan tim work maka kedepan kerja kita lebih maju," ujarnya.
 
Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan, pelantikan pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Riau ini merupakan akhir dari rentetan seleksi terbuka atau asesmen oleh Tim Pansel yang sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Setelah mendapatkan persetujuan pelantikan dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) beberapa hari yang lalu, Pemprov Riau langsung melaksanakan pelantikan. 
 
“Ada 20 orang yang akak dilantik oleh pak Gubernur dari 24 OPD yang dibuka assementnya. Untuk jabatan yang empat OPD itu masih diisi oleh pejabat yang akan memasuki masa pensiun, seperti Kastapol PP bulan Juli, asisten I bulan September, inspektorat dan Kadinsos, besok pak Gubernur langsung yang membacakan siapa yang dilantik saya tidak tau liat besok saja,” kata Ikhwan.
 
Berikut 20 nama-nama pejabat Pemprov Riau yang dilantik Gubernur Riau:
 
1. Kepala Biro Administrasi Pempinan Setdaprov Riau: Alzuhra Dini Alinoni
 
2 Kepala Biro Umum Setdaprov Riau: Irwan Kurniawan
 
3. Kepala Biro Organisasi Tata Laksana Setdaprov Riau: Kemal
 
4. Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Riau: Agusalim
 
5. Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur
 
6. Kepala Biro Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdaprov Riau: Jhon Armedi Pinem
 
7. Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau: Emri Juli Harnis
 
8. Kepala Badan Pendapatan Daerah Riau: Herman
 
9. Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Riau: Muflihun
 
10. Kepala Dinas Perkebunan Riau: Zulfadli
 
11. Kapala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Riau: Yurnalis
 
12. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan ProvinsI Riau: Mamun Murod
 
13. Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Riau, Syahfalefi
 
14. Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Riau: M Taufiq Oesman Hamid 
 
15. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau: Zul Ikhram
 
16. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau: Bobby Rachmat
 
17. Kepala Dinas Pariwisata Riau: Roni Rakhmat
 
18. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Riau: Asrizal
 
19. Kepala Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Riau: Rahmat Setiyawan
 
20. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Riau: Helmi D