Dua Bulan Bekerja dari Rumah, Pegawai Pemprov Riau Mulai Masuk Kantor

ASN-Pemprov-Masuk-Kerja2.jpg
(Riau Online)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Suasana di Kantor Gubernur Riau tampak berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Jika biasanya kantor gubernur terlihat sepi dari para pegawai, Senin 8 Juni 2020 terlihat mulai ramai. Lahan parkir yang biasa hanya berjejer beberapa kendaraan dinas saja, kali ini sudah dipenuhi kendaraan. 
 
Disejumlah pintu masuk satuan kerja sudah tersedia tempat pencuci tangan lengkap dengan sabun cair. Satu per satu pegawai masuk ke dalam ruang kerjanya. Mereka tampak disiplin mengenakan masker dengan berbagai model. 
 
Namun pantuan di lapangan tidak terlihat ada petugas yang melakukan pemeriksaan suhu kepada para pegawai yang akan masuk ke dalam kantor. 
 
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan, mengatakan, seluruh aparatur sipil negara dan tenaga harian lepas di lingkungan Pemprov Riau kembali mulai masuk kantor, Senin 8 Juni 2020. Selama lebih kurang dua bulan ribuan pegawai Pemprov Riau bekerja dari rumah akibat Pandemi Covid-19.
 
"Mulai hari ini ASN dan THL mulai bekerja seperti biasa, tapi mereka wajib menerapkan protokol kesehatan," kata Ikhwan.
 
Ikhwan mengungkapkan, protokol kesehatan yang dimaksud di antaranya adalah mengukur suhu tubuh pegawai yang akan masuk kantor, mencuci  tangan  dengan sabut dan air mengalir atau dengan hand sanitizer dan wajib menggunakan masker.
 
"Semua OPD wajib mempersiapkan alat protokol kesehatan itu," ujarnya.
 
Meski kebijakan masuk kantor sudah mulai diberlakukan pasca berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan masuknya New Normal, namun sejumlah pegawai tetap diizinkan untuk bekerja dari rumah. Di antaranya adalah pegawai yang usianya diatas 55 tahun, sedang sakit, hamil dan menyusuL.