Bagaimana Aktivitas Berjalan Pada Era New Normal di Pelalawan, Ini Jawabanya!

HM-Harris5.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PELALAWAN-Aktivitas di segala lini segera akan bergulir di Kabupaten Pelalawan. Bupati HM Harris memutuskan tidak memperpanjang PSSB yang berakhir Kamis 28 Mei 2020 dan memilih New Normal. 

Bupati mengatakan aktivitas keagamaan dan pendidikan rencananya akan dibuka kembali.  Mulai pasar, usaha jual beli, hingga kegiatan sosial budaya akan dibukan kembali dengan aturan khusus.

Siswa sekolah yang selama ini diliburkan dan diminta belajar dari rumah akan kembali masuk. Rumah ibadah yang sempat ditutup dan warga diimbau beribadah di rumah rencananya akan kembali dibuka.

"Tapi perlu petunjuk dari kementerian masing-masing, baik menteri agama maupun menteri pendidikan," kata Bupati, Kamis 28 Mei 2020.

Harris menyatakan, penerapan protokol kesehatan dipastikan berjalan dengan ketat dan penuh tanggungjawab dalam kegiatan pendidikan dan keagamaan yang dibuka.
Tentu untuk menghindari penyebaran virus corona yang saat ini menjadi pandemi global di masyarakat.

Penyediaan tempat cuci tangan, disiplin menggunakan masker, hingga menjaga jarak antar sesama menjadi hal yang wajib untuk dilaksanakan selama New Normal diberlakukan. 

"Seperti kata pak gubernur tadi, kita akan meminta tanggapan dari pemuka agama dan tokoh masyarakat. Dalam dunia pendidikan, Dina Pendidikan akan bergerak untuk itu," tandas Harris. 

Tentu harus menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak. 

Bagaimana dengan kegiatan keagamaan yang telah ditutup hampir dua bulan akibat pandemi Covid-19.

Termasuk dengan nasib aktivitas pendidikan, dimana sekolah-sekolah telah diliburkan sejak dua bulan lalu. 

Penerapan New Normal ini didasari dengan indeks penularan virus corona atau basic reproduction number (R0) di Pelalawan saat ini yakni 0,75 atau dibawah 1.
Hal itu menjadi tugas penting dalam mempertangkan R0 tersebut agar tidak naik kembali.