Hasil Tes Swab 8 ODP Warga Singingi Kuansing Negatif Covid-19

Hasil-Rapid-tes.jpg
(Antara)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Swab terhadap 8 Orang Dalam Pemantauan (ODP) warga, Desa Sungai Kuning, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuansing, Riau hasilnya Negatif Covid 19.

Hasil pemeriksaan swab terhadap 8 ODP tersebut diterima RSUD Teluk Kuantan dari Laboratorium Biomolekuler RS Arifin Ahmad Pekanbaru, Senin, 4 Mei 2020.

Setelah sebelumnya ada dua orang positif dari hasil rapid test, Sehingga dilakukan pengambilan swab terhadap 8 orang tersebut dan kini sudah keluar hasilnya Negatif Covid 19.

"Hasil swab 8 orang dari Sungai Kuning sudah kami terima dari Laboratorium Biomolekuler RS Arifin Ahmad Pekanbaru, dimana hasil semuanya Negatif," ujar dr Amelia Nasrin, juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Kuansing melalui keterangan resminya, Senin, 4 Mei 2020.

Disampaikan dr Amel, dengan telah keluarnya hasil swab, maka selanjutnya terhadap 8 ODP tersebut sudah bisa mengakhiri isolasi mandiri. "Isolasi mandiri bisa diakhiri," kata Amel.

Dari pemberitaan sebelumnya dr Amel mengumumkan ada 8 ODP diambil swabnya. Delapan orang yang diambil swabnya tersebut setelah ada dua orang hasil rapid testnya Positif. Mereka berasal dari Kecamatan Singingi.

Delapan orang yang diambil swabnya diantaranya NA (8), Tn H (36), Ny J (32), IL (14), MKH (2,4) Tn B (44), Ny M (32) dan Ny TYL (43). "Rapid test positif atas nama NA dan Tn H. Kalau yang lain itu kontak serumah," ujar Amel, Jumat, 24 April 2020 lalu.

Delapan orang tersebut terang Amel merupakan dua keluarga dan satu adalah bidan yang kontak langsung dengan ODP yang pertama atas nama NA.

Untuk kondisi terang Amel, bapaknya ini tanpa gejala dan anaknya ada gejala batuk, nyeri menelan, tidak demam, dan sudah mendapatkan obat dari Puskesmas.

"Setiap ODP dan PDP pengambilan swabnya dilakukan dua kali," kata Amel.

Menurut dr Amel, rapid tes ini sensitivitasnya hanya 30 sampai 70 persen. "Jadi mohon jangan panik," imbaunya.

Menurutnya, kalau hasil rapid tes positif bisa juga dari virus lain, namun belum tentu mereka positif Covid 19. Maka untuk lebih akurat harus dilakukan pemeriksaan swab dan menunggu hasil swab keluar.

Kini swab terhadap 8 ODP tersebut telah keluar dan hasilnya Negatif. Sehingga 8 ODP tersebut sudah bisa mengakhiri isolasi mandiri.

# Swab ODP Asal Cerenti Belum Diumumkan

Sementara untuk dua orang yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) yang sempat diambil swab tenggorokannya sekitar tanggal 22-23 April lalu hingga kini nampaknya masih belum keluar hasilnya.

Dua ODP tersebut masing-masing  Nyonya AY (52) dan Nyonya A (63). Keduanya berstatus ODP merupakan kontak erat dengan PDP konfirmasi positif dan meninggal di Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Kini pemeriksaan swab kedua ODP ini masih menunggu.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Kuansing, dr Amelia Nasrin dikonfirmasi, Senin pagi terkait berapa swab yang belum keluar hasilnya baik ODP maupun PDP belum memberikan jawaban.