Di Kuantan Mudik, Satu Desa Produksi Masker Kain dan Dibagikan Gratis

Warga-Desa-Sangau-jahit-masker-kain.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Bermodalkan pernah ikut pelatihan menjahit, sejumlah ibu-ibu di Desa Sangau, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing, Riau diberdayakan oleh Pemerintahan Desa (Pemdes) untuk memproduksi masker kain secara massal dan dibagikan gratis kepada warganya.

Ini menyusul sulitnya masyarakat desa saat ini mendapatkan masker dan mahalnya harga masker di pasaran. Sehingga Kades setempat berinisiatif memberdayakan sejumlah ibu-ibu yang pernah ikut pelatihan untuk menjahit masker terbuat dari bahan kain.

"Sebagian sudah ada yang dibagikan kepada masyarakat, diangsur-angsur target mereka bisa memproduksi seribu masker kain," kata Camat Kuantan Mudik, Sadarisnah yang dihubungi Riau Online, Selasa, 14 April 2020.

 

masker kain2

Masker Kain

Sadarisnah mengatakan, dari hasil produksi masker kain tersebut nanti para ibu-ibu ini akan memiliki pendapatan sendiri karena mereka akan dibayar menggunakan dana desa.

"Ini pemberdayaan, nanti ibu-ibu ini dapat penghasilan dari hasil menjahit masker tersebut, jadi duitnya memang berputar di desa," kata Camat.

Karena menurut Sadarisnah, untuk penanganan dan pencegahan Covid 19 ini pemerintah desa boleh mengalokasikan anggaran baik untuk penyemprotan maupun untuk membeli disinfektan termasuk juga bisa digunakan untuk pemberdayaan masyarakat di desa.
 
Dia berharap, ini bisa di contoh oleh desa lainnya yang ada di Kecamatan Kuantan Mudik dan Kabupaten Kuansing umumnya. "Memang sudah ada beberapa desa yang juga berencana untuk memproduksi masker kain dan dibagikan kepada masyarakat setempat," katanya.