Syamsuar Geser Anggaran ke Covid-19, Fraksi PAN : Kami Tak Pernah Dilibatkan

Ketua-Fraksi-PAN-DPRD-Riau-Zulfi-Mursal.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Fraksi PAN DPRD Riau, Zulfi Mursal meminta Gubernur Riau agar berkoordinasi dengan unsur pimpinan DPRD Riau dalam melakukan pergeseran anggaran.

 

Dikatakan Mantan Ketua DPRD Siak ini, selaku anggota Badan Anggaran (Banggar) dirinya tidak pernah dilibatkan sekalipun oleh Gubernur Riau dalam melakukan penggaran untuk Covid-19.

 

"Katanya (anggaran) sudah bergeser, ini malah mau pergeseran kedua pula lagi. Tapi saya tidak pernah dilibatkan, apakah kami sudah ditinggalkan?" kata Zulfi, Rabu, 1 April 2020.

 

Harusnya, sambung Zulfi, Gubernur Riau mengajak semua anggota DPRD Riau yang masuk dalam Banggar untuk berdiskusi terkait pergeseran anggaran ke penanganan Covid-19.

 

"Kita disini kan sifatnya kelembagaan, kita semua sama-sama wakil rakyat, dan rakyat harus tahu apa yang disusun oleh DPRD Riau dan Pemprov Riau untuk penanganan Covid-19," tambahnya.

 

Zulfi menegaskan, dirinya sangat setuju sekali untuk menggeser anggaran APBD 2020 ke penanganan Covid-19, namun harus melalui rapat bersama unsur pimpinan.

 

"Kami sangat setuju, kalau perlu mayoritas anggaran tahun ini diarahkan kesana saja, supaya masyarakat merasa aman dan nyaman," ulasnya.

 

Zulfi bersama anggota Banggar lainnya bahkan sudah mulai memikirkan untuk melakukan hak-hak dewan kepada Pemprov Riau, apakah itu hak interpelasi, hak angket atau hak lainnya.

 

"Kita mau Pemprov ini melakukan action nyata, sehingga masyarakat tidak merasa terabaikan," tutupnya.

 

Sebelumnya, Pemprov Riau melalui Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya melakukan rapat dengan pimpinan DPRD Riau dalam melakukan pengalihan anggaran ke penanganan Covid-19.

 

Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto mengaku pihaknya siap menganggarkan berapapun kebutuhan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam penanganan virus Covid-19 di Riau.

 

"Kemarin kan juga sudah kita sepakati, ada kebutuhan sekitar Rp 80 M sesuai perhitungan Pemprov, semua dirasionalisasi termasuk anggaran di Sekretariat Dewan (Setwan)" kata Hardianto, Sabtu, 28 Maret 2020.

 

Adapun untuk di Setwan, DPRD Riau sudah merasionalisasi anggaran sekitar Rp 28 M yang berasal dari anggaran Perjalanan Luar Negeri dan pengadaan mobil dinas untuk pimpinan.

 

"Secara kelembagaan sudah kita sepakati semua, ntinya berapa pun kami siap. Tapi harus dalam koridor efisiensi dan efektivitas," tegasnya.