Terkait Covid-19, PAN Minta Gubernur Data Jumlah Orang Miskin: Jangan Video Conference Saja

dpr-ke-gubri.jpg
(istimewa)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Fraksi PAN DPRD Riau, Zulfi Mursal mendesak Gubernur Riau Syamsuar untuk segera mendata jumlah orang-orang tidak mampu di provinsi Riau dalam upaya antisipasi jika sewaktu-waktu ada kebijakan lockdown.
 
"Pak Gubernur jangan sibuk video conference saja, lakukan aksi nyata ke masyarakat. Segera data berapa jumlah orang tidak mampu di Riau ini," tegas Zulfi, Rabu, 1 April 2020.
 
Desakan ini bahkan sudah ia sampaikan secara tertulis dalam tujuh poin rekomendasi fraksi PAN ke Syamsuar, namun Zulfi sampai hari ini tidak melihat pergerakan Syamsuar untuk menindaklanjuti surat tersebut. 
 
"Kita sudah kirimkan surat, kita minta data berapa orang miskin di Riau, supaya kita bisa menganggarkan kebutuhan pokok masyarakat miskin jika ada lockdown," tuturnya. 
 
Disinggung mengenai data orang miskin berdasarkan data Penerima Keluarga Harapan (PKH), Zulfi menegaskan data tersebut tidak valid karena ia banyak menerima laporan dari masyarakat terkait penyaluran bantuan PKH.
 
"PKH itu datanya tidak valid, ada penerima PKH yang sebenarnya tak layak mendapat bantuan, tapi masih dapat bantuan. Sementara yang layak malah tidak dapat, makanya data ini harus di update," tegasnya.
 
Gubernur harus segera berkoordinasi dengan Bupati dan Walikota di seluruh Riau untuk mengintruksikan pendataan terhadap warga miskin ini, bahkan kalau perlu sampai tingkat terbawah.
 
"Kalau hanya berpedoman data PKH, banyak yang tidak akan mendapat bantuan, kita khawatir nanti seperti di India," tandasnya.
 
Diberitakan sebelumnya, Fraksi PAN DPRD Riau mendesak Pemerintah Provinsi Riau untuk memberikan kebutuhan pokok kepada masyarakat yang kurang mampu dan renta selama masa darurat wabah Corona.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Fraksi PAN DPRD Riau, Zulfi Mursal. Dikatakan Zulfi, pihaknya sudah menggelar rapat internal bersama anggota fraksi PAN DPRD Riau lainnya, dan hasilnya ada sejumlah rekomendasi kepada Gubernur Riau, Syamsuar. 
 
Setidaknya dalam rapat tersebut, PAN memberikan tujuh poin rekomendasi yang diharapkan bisa ditindaklanjuti oleh Pemprov Riau yang saat ini tengah dilanda kekhawatiran atas wabah Corona.
 
"Gubernur harus membantu masyarakat agar mampu mengikuti kebijakan pemerintah dan mampu menghadapi kondisi yang sulit ini, termasuk membantu keluarga miskin dan rentan dalam mencukupi kebutuhannya, serta kebutuhan garda terdepan yakni petugas kesehatan yang harusbtercukupi kebutuhannya dalam melayani," kata Zulfi, Senin, 30 Maret 2020.

-->