Kesalahan Data, Pemprov Riau Bantah Ada Penambahan Pasien Positif Corona di Riau

mimi.jpg
(hasbullah)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau memastikan belum ada penambahan pasien positif virus corona (Covid-19) di Riau. Sejauh ini baru ada satu pasien yang dinyatakan positif Covid-19, yakni pasien berinisial M yang dirawat di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru.

"Belum ada tambahan pasien positif corona di Riau, masih satu orang, yang pasien inisial M itu," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Kamis 26 Maret 2020.

Pernyataan ini sekaligus membantah data yang disampaikan oleh Gugus Tugas Covid-19 Nasional. Bantahan itu terkait dengan adanya tambahan satu lagi pasien positif Covid-19 di Riau. Sehingga totalnya ada 2 pasien positif corona di Riau hingga Kamis 26 Maret 2020 sore.

Mimi memastikan data yang disampaikan oleh Gugus Tugas Covid-19 Nasional bukan untuk Riau. Sebab nama pasien yang disebutkan oleh Gugus Tugas Covid-19 Nasional tersebut tidak ada di Riau.

"Itu salah datanya. Kita lakukan klarifikasi dan kami sudah sampaikan kita tidak punya pasien atas nama yang disebutkan itu," ujarnya.

Hasil klarifikasi Diskes Riau ke Balitbang Kemenkes menyebutkan bahwa pasien yang dimaksud adalah pasien yang di rawat di salah satu rumah sakit yang berada di Bandung. Kebetulan nama rumah sakit tersebut adalah RS Riau.

"Kita sudah konfirm ke kepala Balitbang dan menyatakan itu bukan di Riau, tapi di RS Riau di Bandung. Nama rumah sakit Riau tapi adanya di Bandung," kata Mimi. (*)