Unri Produksi Hand Sanitizer Pencegahan Virus Corona

labor-unri.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Upaya preventif dan pencegahan virus corona (covid-19) terus dilakukan Universitas Riau (Unri). Hal ini dengan melakukan mengkolaborasikan enam laboratorium yang ada di lingkungan Unri untuk memproduksi hand sanitizer yang telah menjadi langka dalam beberapa bulan terakhir.

“Keenam laboratorium ini sedang dalam melakukan proses produksi yang hasilnya akan dapat dimanfaatkan mulai Jumat ini (20 Maret 2020-red).” Hal ini disampaikan Dr Arisman Adnan selaku Ketua Tim Relawan COVID-19 Unri, (20/3).

“Enam laboratorium ini adalah laboratorium Mikrobiologi di bawah koordinator Atria MSi, laboratorium Kimia Fisik dipimpin oleh Dr Nurhayati, laboratorium Fisika Material diketuai oleh Dr Ari Sulistiorini, laboratorium Kimia FKIP oleh Abdullah MSi, laboratorium Bio FKIP dikomandoi Dr Zulfarina MSi dan laboratorium Bioteknologi Kelautan dipimpin oleh Prof Irwan Efendi,” urai Arisman.

Untuk memproduksi hand sanitizer tersebut, tim relawan Unri melibatkan puluhan dosen lintas bidang ilmu serta 130 mahasiswa. Cairan antiseptic ini diperlukan sebagai bagian dari upaya pencegahan menyebarnya virus corona dari orang ke orang atau dari orang ke benda lain.

Lebih lanjut, Arisman, mengungkapkan tahap awal cairan pembersih tangan steril produksi Unri akan diedarkan di lingkungan kampus secara gratis. Bila produksinya terus meningkat, maka akan didistribusikan juga kepada masyarakat luas sekitar kampus.

Saat ini enam laboratorium yang terlibat mampu memproduksi lebih kurang 30 liter per hari, sehingga belum dapat didistribusikan secara luas berkenaan masih ditahapan  proses pengemasan dalam botol-botol khusus  dan pemberian label. Tim relawan ini, katanya lagi telah bekerja sejak beberapa hari lalu dan telah menyerahkan sejumlah contoh untuk diberikan kepada pimpinan Unri.

Pada proses penyediaan hand sanitizer ini, tim menyampaikan kondisi sulitnya mendapatkan cairan alkohol yang menjadi salah satu bahan untuk pembuatan cairan senitizer ini. Selain itu juga juga wadah penyimpanan yang terbatas, sementara hand sanitizer ini diutamakan akan diletakkan di berbagai ruangan di yang ada di lingkungan kampus, sehingga mempermudah pemanfaatan dari produk ini.

Terkait dengan kegiatan kemanusiaan ini, tim relawan Unri membuka akses kepada donatur dari berbagai pihak yang berkeinginan untuk memberikan sumbangan berupa tenaga, fikiran, bahan baku seperti botol kemasan, cairan alkohol 96 persen, dan lainnya maupun informasi lebih lanjut dapat menghubungi nara hubung relawan di nomor 085272335055 atas nama  Muhammad Rokhim. Tim Unri juga membuka rekening untuk menampung sumbangan dermawan di ke rekening Bank Mandiri di nomor rekening 108-00-1590474-2 atas nama Radiatul Mardhiah. 

Arisman, juga menghimbau kepada masyarakat untuk dapat menahan diri keluar rumah bila tiada keperluan yang sangat mendesak. ‘’Tempat-tempat berkumpul banyak orang sebaiknya juga dihindari kecuali dalam kondisi tertentu.”

Unri dalam mengantisipasi meluasnya penyebaran Covid-19, juga telah mengeluarkan surat edaran terkait dengan kebijakan akademik berkaitan dengan perkuliahan dan mekanisme sistem kerja untuk tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan Unri, serta kebijakan untuk pencegahan penyebarluasan Covid-19 di lingkungan Unri.