UIN Suska Beri Gelar Bapak Ekonomi Syariah Indonesia Kepada Wapres RI Maruf Amin

wapres.jpg
(riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Rektor UIN Suska Riau, Prof Ahmad Mujahiddin secara resmi memberikan gelar kepada Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin sebagai bapak ekonomi syariah Indonesia. Prosesi pemberian gelar kepada Wapres ini dilaksanakan di lantai 5 gedung Rektorat UIN Suska Riau, Jumat 6 Maret 2020.

Prof Ahmad Mujahidin mengatakan, ekonomi syariah penting karena menghindarkan dari pembiayaan yang sifatnya spekulatif. Dengan terhindarnya pembiayaan yang spekulatif, kata Prof Mujahiddin, dapat memperluas financial inclusion. Sehingga melalui pembiayaan kepada UMKM berdasarkan landasan kebersamaan tidak untuk kepentingan para pemilik modal.

"Ekonomi syariah penting karena dapat memperkuat sistem pengaman sosial," katanya.


Hadirnya dana-dana syariah potensial seperti zakat, infaq dan sedekah kata Prof Mujahidin, dapat memperkuat sistem pengaman sosial yang sudah ada, orang miskin, kaum du’afa dapat memberikan manfaat. Sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kiprah, peran, dan karya-karya Bapak Wapres Ma'ruf Amin dalam bidang ekonomi syari’ah maka izinkan kami UIN Sultan Syarif Kasim Riau memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Wakil Presiden RI, Prof. Dr. (HC) K.H. Ma'ruf Amin sebagai Bapak Ekonomi Syariah Indonesia," kata Prof Mujahidin disambut tepuk tangan para tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.

Hadir dalam acara pemberian gelar tersebut, istri Wapres Ma'ruf Amin, Gubernur Riau Syamsuar didampingi istrinya Misnarni, Ketua DPRD Riau, Indra Gunawan Eet dan unsur Forkompimda.

Selain menerima gelar sebagai bapak ekonomi syariah indonesia, Ma'ruf Amin dalam kunjungan kerjanya ke Riau juga sempat meresmikan masjid Raudatus Solihin Jalan Bukit Barisan, kemudian Shalat Jumat di Masjid Agung An Nur lalu makan siang bersama di rumah dinas Gubernur Riau. (*)